Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Manisan memang terdiri dari berbagai macam bahan. Salah satunya adalah terbuat dari aneka buah-buahan loh! Adakah buah favoritmu?

kita pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya manisan buah. Sesuai dengan namanya, kudapan ini terbuat dari buah-buahan yang diolah menjadi seperti permen. Manisan buah-buahan biasanya dibuat sebagai camilan ketika sedang iseng di rumah.

Proses pembuatan manisan buah dimulai dengan merendam aneka buah-buahan di dalam larutan gula. Meskipun nggak semua buah-buahan manis namun bila direndam dengan larutan gula maka rasanya akan berubah menjadi manis. Tidak heran bila banyak yang menyukainya.

Manisan buah terbagi dalam tiga jenis yaitu manisan basah, manisan kering dan acar. Untuk buahnya juga ada yang bisa dijadikan sebagai manisan basah, manisan kering atau keduanya. Seperti misal buah mangga yang bisa diolah menjadi dua jenis manisan sekaligus.

Untuk proses pembuatan manisan kering dimulai dengan merendam buah. Setelah itu tiriskan dan keringkan. Manisan kering lebih banyak menggunakan jenis buah-buahan yang bertekstur lunak. Ketika kita menyantapnya maka teksturnya menjadi kenyal seperti permen.

Berbeda dengan manisan basah. Proses pembuatannya dilakukan dengan cara dilarutkan ke dalam air gula. Kadar airnya tentu lebih banyak dari manisan kering. Dari segi tampilan juga terlihat sederhana dan kurang menarik karena memang bentuknya tetap seperti apa adanya.

Jenis manisan yang lainnya adalah acar. Acar yang dimaksud disini bukanlah yang memiliki rasa asam yang biasa dijadikan sebagai tambahan pada martabak. Itu adalah acar dari bahan sayuran seperti timun.

Nah, kalau yang ini adalah acar manisan. Citarasa dari acar manisan ini biasanya agak kecut karena ada tambahan cuka.

Lalu, kira-kira buah apa saja yang cocok dijadikan sebagai bahan utama manisan? Daripada penasaran mari kita lihat di bawah ini.

1. Kedondong

Buah kedondong memiliki rasa yang asam dan renyah. Cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan asinan, rujak, sambal hingga manisan. Jenis manisan yang cocok untuk buah ini adalah manisan basah karena tekstur dagingnya yang keras.

Bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat manisan ini adalah buah kedondong tentunya, gula pasir, air dan air kapur sirih.

2. Pepaya

Buah yang satu ini juga sangat populer untuk dijadikan sebagai bahan manisan. Bisa berupa manisan basah maupun manisan kering. Perlu diingat, buah pepaya yang digunakan justru yang masih mentah atau mangkel agar pada proses pembuatan manisan, daging pepaya tidak mudah hancur.

3. Mangga

Buah mangga sangat mudah ditemukan di Indonesia karena negara kita ini adalah negara tropis. Namun untuk bisa mendapatkannya, kita harus menunggu musim panen. Nantinya kita akan menemukan banyak pilihan mangga dengan ciri khasnya masing-masing.

Untuk pembuatan manisan, biasa menggunakan jenis mangga muda. Teksturnya pun masih keras dan rasanya masih asam. Cocok dijadikan sebagai manisan kering maupun manisan basah.

4. Kulit Jeruk

Tidak hanya buahnya saja, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk dijadikan sebagai manisan kering. Rasanya sudah pasti enak layaknya seperti permen manis biasa. Untuk lebih lengkapnya, kita bisa lihat resep manisan kulit jeruk ini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya