Sajian Manis Terbuat dari Buah Nangka
Sajian Manis Terbuat dari Buah Nangka

Pangana yang terbuat dari buah nangka ternyata cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih rasanya pun menggoda!

Pangana yang terbuat dari buah nangka ternyata cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih rasanya pun menggoda!

ENDEUSiast pasti sangat mengenal dengan buah berwarna kuning keemasan ini. Ya, namanya adalah buah nangka. Memiliki rasa dan aroma yang khas, menjadikan buah ini sangat favorit bagi orang Indonesia. Buah nangka tidak hanya dimakan secara langsung saja tetapi kini juga telah banyak yang berkreasi dengan menjadikannya sebagai jajanan/street food manis. Bagi ENDEUSiast penyuka kudapan manis maka harus mencoba jajanan dari olahan buah nangka ini. Apa saja macamnya? Mari kita lihat daftarnya di sini.

1.

Puding Nangka

Siapa sih yang tidak suka tekstur kenyal dari pudding? Apalagi bila disajikan dalam keadaan dingin. Nah, kini telah ada jajanan manis berupa pudding nangka. Cara membuatnya, ENDEUSiast harus memasukkan 2 bungkus agar-agar rasa vanilla beserta air secukupnya ke dalam panci, lalu aduk hingga mendidih. Masukkan ke dalam cetakan pudding dan biarkan dingin dan mengeras.

Buat lagi pudding dengan panci yang berbeda. Bahan yang diperlukan seperti bubuk agar-agar bening, gula, garam dan air secukupnya. Jangan lupa untuk mengaduknya sesekali hingga mendidih. Masukkan potongan nangka di atas cetakan pudding yang sudah mengeras tadi lalu tuang adonan agar-agar bening yang baru saja dimasak. Diamkan hingga mengeras baru masukkan ke dalam kulkas. Pudding akan lebih enak bila disajikan dalam keadaan dingin.

1.

Nagasari Nangka

Nagasari merupakan jajanan pasar yang terbuat dari bahan santan, sagu, tepung beras dan gula lalu dibungkus menggunakan daun pisang raja. Ciri khas dari kue ini adalah teksturnya kenyal, lembut dan sedikit lengket ketika dimakan. Tetapi untuk rasanya sangat manis sehingga bisa dijadikan camilan ketika berkumpul bersama keluarga.

Kini nagasari pun telah hadir dengan varian baru yaitu menggunakan bahan isian nangka. Sebelum dicampurkan bersama adonan nagasari, nangka akan dipotong-potong dan dikukus terlebih dahulu agar empuk.

1.

Bolu Kukus Nangka

Selain nagasari, nangka juga bisa diolah menjadi jajanan berupa bolu kukus yang manis. Untuk membuatnya, pertama ENDEUSiast harus menghaluskan nangkanya dulu baru campurkan ke dalam wadah yang berisi vanili, telur dan gula halus. Untuk melihat resep bolu kukus lebih lengkapnya bisa ENDEUSiast lihat di sini. Ikuti saja langkah-langkahnya dan untuk bahannya bisa ENDEUSiast ganti menjadi nangka. Sangat mudah untuk dicoba bila ENDEUSiast bisa mengikuti resep tersebut dengan tepat.

Itulah beberapa jenis jajanan/street food manis dari buah nangka. Jadi bila ENDEUSiast bosan dengan sajian buah yang biasanya dimakan langsung maka kini bisa dikreasikan menjadi jajanan manis nan lezat. Cocok untuk ENDEUSiast sajikan ketika berkumpul bersama keluarga.

Endeustorial

Ikuti Instagram