Sajian Ikan Khas Bali Wajib ENDEUSiast Coba
Sajian Ikan Khas Bali Wajib ENDEUSiast Coba

Sajian Ikan Khas Bali Wajib ENDEUSiast Coba

Cicipi masakan ikan khas Bali berikut ini kalau ENDEUSiast sedang berlibur di Bali. Dijamin, ketagihan!

Selain Ayam Betutu dan Babi Guling, masakan berbahan ikan juga menjadi salah satu kuliner paling diburu di Bali. Sebagai pulau dengan banyak pantai, ikan tentu saja menjadi salah satu bahan makanan yang mudah ditemui. Dalam kuliner Bali, ikan banyak diolah menjadi aneka masakan yang lezat. Kalau ENDEUSiast berkunjung ke Bali, pastikan ENDEUSiast juga mencicipi beberapa olahan ikan berikut ini.

1/ Tum Ikan

Tum adalah sejenis pepes khas Bali dengan bungkus mirip dengan botok. Masakan yang satu ini biasanya berbahan dasar daging ayam atau babi, namun tidak sedikit yang membuatnya dari ikan. Ikan yang sudah dicuci bersih kemudian dipotong-potong dan dibumbui dengan bumbu basa genep. Ikan juga diberi parutan kelapa dan dibungkus dengan daun pisang. Tum ikan kemudian dikukus hingga matang atau daun pisang menjadi layu.

2/ Sate Lilit

Sate Lilit adalah salah satu masakan Bali yang sama populernya dengan ayam betutu. Masakan yang satu ini dibuat dari daging ikan atau ayam yang sudah dicincang halus. Daging kemudian dibumbui dengan bumbu basa genep dan diberi parutan kelapa. Adonan sate lilit kemudian dililitkan pada batang serai dan sate bisa dipanggang hingga matang.

3/ Sudang Lepet

Sudang Lepet adalah masakan yang berasal dari Buleleng. Masakan yang satu ini berbahan dasar ikan asing yang disebut Sudang Lepet. Ikan berbentuk pipih ini diasinkan dan digoreng hingga kering. Sudang Lepet biasanya digoreng dengan menggunakan minyak kelapa dan cabai.

Makanan yang satu ini paling nikmat dinikmati dengan nasi panas, plecing kangkung, dan juga sambal matah yang pedas. Masakan yang satu ini memang bukan termasuk masakan yang populer di Bali sehingga cukup sulit untuk mencarinya. ENDEUSiast bisa berkunjung ke pasar atau rumah makan di Buleleng untuk menikmati Sudang Lepet.

4/ Rujak Kuah Pindang

Rujak buah biasanya menggunakan saus gula merah yang manis dan pedas. Namun di Bali, rujak buah menggunakan kuah ikan yang biasa disebut kuah pindang. Pindang dalam Bahasa Bali adalah ikan. Untuk membuat makanan ini, ikan direbus dan dicampur dengan bumbu-bumbu kemudian disiramkan di atas buah-buahan yang sudah diiris tipis. Buah yang digunakan untuk rujak ini bermacam-macam seperti mangga muda, kedondong, pepaya mengkal, mentimun, dan sebagainya.

5/ Ikan Bakar Jimbaran

Ikan Bakar Jimbaran adalah salah satu kuliner yang tidak boleh ketinggalan. Di sepanjang pantai Jimbaran dan sekitarnya, ada banyak warung dan restoran yang menyajikan ikan bakar. Kuliner yang satu ini biasanya cocok dinikmati ketika senja sambil melihat matahari tenggelam.

Bagaimana? Apakah ENDEUSiast tertarik untuk mencoba salah satu masakan berbahan ikan khas Bali di atas?

Endeustorial

Ikuti Instagram