Nggak salah ketika memilih roti sebagai menu sahur. Tapi harus memerhatikan hal-hal berikut ini agar puasanya lancar.

Roti adalah salah satu makanan yang paling pertama dipilih ketika sahur kepepet. Paling nggak enak memang santap sahur ketika mendekati waktu imsak. Tapi daripada nggak sahur, lebih baik sahur kilat kan?

Untuk yang suka sahur kilat, roti adalah makanan wajib yang harus siap tersedia di rumah. Atau kalau kita merupakan seorang yang sulit bangun pagi sehingga sering telat bangun untuk santap sahur, harus sediakan ini.

Roti emang salah satu makanan yang cukup simpel untuk dikreasikan. Mau dicocol dengan susu atau teh manis? Bisa, mau cuma pakai mentega? Bisa, pakai meses? Bisa banget. Tapi kalau untuk dijadikan menu sahur nggak bisa dimakan kayak biasanya ya.

Karena asupan tersebut kurang bisa untuk memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa. Pastikan untuk mengonsumsi roti dengan beberapa bahan tambahan lainnya dalam mengisi nutrisi tersebut.

Untuk pilihan roti tawar, baiknya menggunakan roti gandum yang lebih banyak memiliki karbohidrat kompleks sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Oke sekarang mari kita bahas apa aja yang harus dipersiapkan selain roti tawar itu sendiri.

1. Telur

Telur dadar atau scrambled egg yang dimakan bareng dengan roti adalah pilihan pertama yang bisa kita coba. Bagi yang bener sudah kepepet banget, telurnya bisa dibuat telur ceplok agar lebih cepat dalam mengolahnya.

Kalau ada alpukat di rumah juga bisa ditambahkan di atasnya. Dengan dihaluskan terlebih dahulu lalu oleskan di atas roti tawar yang sudah dibakar atau dipanggang sedikit sebelum dibaluri oleh telur.

2. Sosis

Sosis yang digoreng atau dibakar juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk santap sahur. Protein dari daging sosis dan karbohidrat dari roti bisa menjaga tubuh kita menjalani puasa hingga waktu berbuka datang.

3. Daging dan keju

Kalau tadi menggunakan sosis, sekarang coba dengan daging smoked beef yang dipadukan juga dengan keju. Selayaknya menu sandwich yang biasa ditemui di restoran-restoran ala Eropa.

Tambahkan mayones dan saus sambal untuk santapan lebih nikmat.

Bahan-bahan di atas tadi bisa disiapkan di rumah untuk jaga-jaga ketika telat bangun yang akhirnya membuat sahur kita kepepet. Yang pasti, apapun makanannya ketika sahur harus dengan porsi yang pas. Tidak kurang dan juga tidak terlalu banyak.

Karena hal tersebut pasti bisa berpengaruh dengan jalannya puasa Ramadan kita seharian nanti.

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.