Salad buah identik dengan dressing mayonnaise. Namun ternyata Indonesia juga punya olahan buah yang bisa disebut sebagai salad buah nusantara.

Salad buah adalah makanan penutup yang terdiri dari buah dan dressing seperti mayonnaise atau yogurt. Meskipun tidak mirip, di Indonesia juga ada olahan buah dengan saus atau dressing. Salad buah ala nusantara biasa disebut rujak buah dan menggunakan buah-buahan lokal serta saus atau dressing yang Indonesia banget. Citarasa salad buah khas Indonesia ini cenderung manis, gurih, dan pedas. Berikut ini beberapa salad buah atau rujak buah asli Indonesia.

1/ Rujak Manis

Rujak manis adalah salah satu makanan yang mirip dengan salad buah. Yang membedakan salad buah dan rujak manis adalah dressing atau sausnya. Rujak buah menggunakan saus kacang dengan rasa manis dan pedas. Selain itu, buah yang digunakan untuk rujak manis adalah buah lokal seperti nanas, mangga muda, mentimun, bengkuang, dan lain sebagainya. Buah-buah ini kemudian diiris tipis dan disajikan dengan saus kacang yang manis dan pedas.

2/ Rujak Serut

Rujak serut adalah salah satu jenis salad buah dari Indonesia. Makanan ini terdiri dari buah-buahan lokal yang diserut dan dicampur dengan kuah gula merah. Buah-buahan yang digunakan hampir sama dengan buah pada rujak manis. Sedangkan kuahnya terbuat dari gula merah yang direbus dan diberi bawang putih dan cabai serta sedikit kacang tanah yang dihaluskan. Beberapa orang bahkan mencampur rujak serut dengan jeruk bali sehingga rasanya kriuk dan ada sedikit rasa pahit.

3/ Rujak Bebeg

Rujak bebeg adalah salah satu kuliner khas Kota Cirebon. Makanan yang satu ini menggunakan bahan-bahan yang hampir sama dengan rujak sert namun ditambah dengan pisang batu atau mengkudu muda. Selain itu proses pembuatan rujak bebeg ini juga unik yaitu buah-buahan ditumbuk bersama dengan bumbu halus, Kemudian rujak disajikan dalam piring dan sendok yang terbuat dari daun pisang.

4/ Rujak Kuah Pindang

Rujak kuah pindang adalah salah satu varian salad buah nusantara yang berasal dari Bali. Rujak kuah pindang ini menggunakan buah-buahan yang sama seperti rujak manis hanya saja menggunakan kuah kaldu ikan pindang sebagai kuahnya. Rujak ini juga dikenal sebagai rujak gelogor. Citarasa dari rujak kuah pindang ini sangat unik, yaitu asam, pedas, gurih, dan juga sedikit amis.

5/ Rujak Es Krim

Salah satu salad buah nusantara dari Yogyakarta yang unik adalah rujak es krim. Makanan ini adalah perpaduan rujak serut dengan es krim khas Indonesia, yaitu es puter. Perpaduan rujak dan es puter ini sangat kaya rasa dan juga tekstur creamy dari es puter.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.