Rice Cooker
Rice Cooker

Lebih Dekat Dengan Beragam Jenis Rice Cooker. Foto: Shuttertock.com

Mengenal jenis-jenis rice cooker dan cara terbaik dalam merawatnya.

Di zaman yang sudah semakin maju ini, perkembangan teknologi begitu pesat. Banyak alat diciptakan untuk memudahkan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Perkembangan ini turut menyebar ke seluruh bidang, tak terkecuali di dunia kuliner, yaitu peralatan dapur yang semakin modern.

Dulu alat dapur hanya bisa digunakan secara manual atau menggunakan teknik tradisional saja. Sekarang, berbagai macam peralatan dapur sudah didesain agar lebih praktis dan juga otomatis ketika digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan.

Hal ini juga berlaku ketika menanak nasi. Kini, orang-orang dapat menggunakan alat bernama rice cooker untuk memasak nasi. Karena proses memasaknya yang sangat mudah, tak heran jika banyak yang menyukainya.

Jenis-Jenis Rice Cooker

Kebanyakan orang sering salah tafsir ketika menjelaskan kegunaan rice cooker. Sebenarnya, rice cooker tidak hanya digunakan untuk menanak nasi saja. Sebab, berbagai macam jenis rice cooker ternyata mempunyai banyak sekali fungsi yang jarang diketahui orang. Maka dari itu, perlu mengetahui jenis-jenis rice cooker di bawah ini agar proses menanak nasi menjadi jauh lebih cepat dan mudah.

1/ Rice Cooker

Rice cooker dilengkapi dengan fitur untuk menanak nasi dan menjaga nasi tetap hangat ketika matang. Rice cooker tidak memiliki banyak tombol untuk mengoperasikannya, hanya tombol cook dan warm. Namun fitur cook ini bisa difungsikan untuk membuat hidangan lain seperti hidangan berkuah hingga mengukus sajian. Tentunya ENDEUSiast bisa menjaga suhu hidangan berkuah atau kukus ini tetap hangat dengan menyimpannya dalam rice cooker dan menghidupkan fitur warm.

2/ Magic Jar

Sebenarnya alat ini tidak lebih canggih jika dibandingkan dengan rice cooker. Sebab hanya dapat digunakan untuk menghangatkan nasi saja dan tidak dapat digunakan untuk menanak nasi. Kebanyakan orang pun juga jarang menggunakan magic jar ini karena fungsinya yang tidak maksimal.

Meskipun begitu, magic jar terdiri dari dua jenis, yaitu yang hanya bisa menghangatkan nasi dalam rentang waktu tertentu saja. Tetapi ada juga magic jar yang dapat digunakan untuk memanaskan nasi selama seharian penuh.

3/Multi Cooker

Generasi terbaru dari rice cooker. Meski terlihat sama dengan rice cooker, nyatanya alat ini memiliki fungsi memasak yang jauh lebih banyak. ENDEUSiast bisa menggunakannya untuk memanggang, menanak, merebus, menggoreng, dan lain sebagainya yang tersedia dalam satu alat.

Kelebihan yang ditawarkan multi cooker ini yaitu sangat praktis digunakan oleh seorang pemasak pemula. Sebab hanya dengan menekan satu tombol sesuai makanan yang ingin diolah dan waktu yang dibutuhkan tanpa melakukan ritual lainnya, jadilah masakan yang diinginkan. Mudah bukan?

Tips Memilih Rice Cooker Yang Tepat

Membeli barang elektronik seperti rice cooker sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita harus benar-benar jeli saat memutuskan untuk membelinya. Agar tidak kecewa, berikut ini tips yang dapat dilakukan saat hendak membeli rice cooker, di antaranya yaitu:

1/ Cari Fitur Sesuai Kebutuhan

Ketika hanya memerlukan untuk menanak nasi sebagai kebutuhan sehari-hari saja, maka dapat dipilih rice cooker dengan fungsi yang standar. Tetapi, jika ingin memasak bubur, mengukus dan merebus makanan lainnya, maka belilah multi cooker atau magic com.

Apabila sudah mempunyai oven ataupun steamer di rumah, maka Anda tidak perlu membeli jenis rice cooker yang dilengkapi dengan steam tray ini. Namun, jika benar-benar membutuhkannya, maka pertimbangkan secara baik-baik agar dapat berguna secara maksimal.

2/ Pilih Harga yang Ekonomis

Harga yang ditawarkan tak lepas dari kebutuhan rice cooker yang digunakan. Sebab, jika membutuhkan fitur yang lengkap dengan kualitas yang bagus maka harganya pun akan mengikuti.

Misalnya, semakin lama waktu yang ditawarkan dalam menghangatkan nasi, maka akan berbanding lurus dengan harga jualnya. Apalagi dengan ukurannya, jika lebih besar tentu harganya juga semakin mahal.

Agar anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan. Apabila menginginkan jenis rice cooker dengan fitur yang banyak, tentunya harus siap sedia merogoh kocek yang lebih dalam.

Disisi lain, banyak sekali merk biasa justru menawarkan fitur rice cooker dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan merk yang sudah populer di pasar. Sebaiknya berhati-hati, karena biasanya merk rice cooker seperti itu justru mudah rusak. Pilih merk yang sudah dikenal dan direkomendasikan oleh orang yang dikenal dan sudah menggunakan rice cooker dari merk tersebut.

3/ Ukuran yang Tepat

Ketika akan membeli rice cooker, maka pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tinggal sendiri, gunakan rice cooker yang berukuran kecil saja. Tapi, bagi yang sudah berkeluarga, maka pilih yang ukuran sedang atau cukup besar untuk seluruh anggota keluarga. Namun, jika mempunyai bisnis makanan maupun restoran, maka belilah rice cooker dengan kapasitas yang besar, sehingga dapat menanak nasi sekaligus dalam jumlah banyak.

4/ Memiliki Layanan Purna Jual

Hal yang terakhir ini tidak boleh dilewatkan, sebab kebanyakan orang sering melupakannya. Tanyakan dulu apakah produsen menerima servis atau memiliki tempat servis resmi jika rice cooker yang dibeli mengalami kerusakan. Selain itu, tanyakan juga berapa lama garansi yang diberikan pada rice cooker yang dipilih.

Bukan tak mungkin jika rice cooker tidak dapat berfungsi meskipun baru dipakai sebentar. Hal ini mungkin bisa saja disebabkan oleh kesalahan pabriknya. Maka dari itu, harus lebih cermat pada saat memilihnya!

Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Rice Cooker

Faktor yang menentukan awet dan tidaknya rice cooker biasanya tidak bergantung sepenuhnya berdasarkan merk, namun juga bagaimana cara perawatan maupun pencuciannya sendiri. Apalagi alat ini sering dipakai untuk menanak nasi. Tentunya tidak mau jika rice cooker ini cepat rusak bukan? Berikut ini cara merawat dan membersihkan rice cooker yang baik.

1/ Masak di Pagi Hari

Usahakan nasi sudah habis ketika malam hari, sehingga rice cooker tidak perlu dinyalakan lagi, serta tidak memakan daya listrik lebih banyak. Dengan begitu, rice cooker dapat beristirahat. Sebisa mungkin masak di waktu pagi saja, hal ini tentunya agar rice cooker dapat berumur lebih panjang dan berfungsi dengan baik.

2/ Copot Kabel Jika Tidak Digunakan

Selain mencabut kabel di malam hari, pastikan juga mencabut kabel rice cooker dari stop kontak, jika tidak digunakan dalam waktu yang lama. Sebab, hal ini dapat membuat elemen yang di dalamnya menjadi tidak awet jika dipanaskan terus-menerus.

3/ Hindari Mencuci Beras di Dalam Panci

Kebanyakan orang mungkin belum begitu paham tentang hal ini, padahal hal ini sangat penting untuk diterapkan. Jangan mencuci beras langsung dalam panci rice cooker, sebab akan menyebabkan lapisan anti lengket lama kelamaan akan terkikis. Lebih baik, gunakan panci biasa dulu untuk membersihkan beras, kemudian baru dimasukkan ke dalam panci rice cooker.

4/ Menghilangkan Sisa Nasi Menggunakan Air Hangat

Sisa nasi kering yang masih menempel di lapisan panci anti lengket terkadang susah sekali untuk dibersihkan. Agar lebih mudah, isilah panci tersebut dengan air sampai ketinggiannya mencapai ¾ penuh. Setelah itu tekan tombol cook dan biarkan selama 15 sampai dengan 20 menit. Dengan begitu, sisa nasi yang menempel akan lebih mudah dibersihkan.

5/ Mencuci Dengan Air Hangat

Setelah dimasak dengan air hangat, terkadang ada noda maupun nasi yang sulit dibersihkan. Caranya yaitu dengan menggunakan satu sendok sabun pencuci piring dan isi panci tersebut menggunakan air hangat.

Jika sudah, gosok perlahan menggunakan spons yang lembut sampai berbusa. Diamkan untuk beberapa saat, kemudian cuci agar noda yang masih menempel dapat lepas dengan sendirinya, setelah itu bilas sampai bersih.

6/ Bersihkan Bagian Dalam dan Luar Rice Cooker

Kadang ada noda kecokelatan di bagian dalam rice cooker ketika sering digunakan untuk memasak. Meskipun tidak terkena nasi secara langsung, hal ini bisa saja terjadi karena proses menghangatkan nasi yang terlalu lama, atau disebabkan oleh daya tahan elemen panas yang dimiliki oleh rice cooker itu sendiri sangat minim.

Noda cokelat tersebut memang tidak terlalu mengganggu proses memasak, tetapi jika dilihat terus pastinya akan kesal sendiri. Jangan khawatir, bersihkan warna kecoklatan tersebut menggunakan lap basah, kemudian segera lap dengan kain yang kering.

Jika sudah, bersihkan juga bagian luarnya dengan cara yang sama. Tapi, jika noda luarnya sangat membandel, seperti terkena sisa masakan yang masih menempel, gunakan beberapa tetes sabun pencuci piring di atas lap basah. Dengan begitu, rice cooker pun kembali bersih seperti saat baru lagi.

7/ Jangan Gunakan Sabut Besi

Saat mencuci rice cooker, jangan sekali-kali menggunakan sabut besi untuk membersihkan noda yang menempel. Sebab, hal itu dapat membuat lapisan pada rice cooker akan menghilang secara perlahan.

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Kering Dalam Rice Cooker

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, nasi tidak bisa lepas dari kebutuhan makan sehari-hari. Biasanya, memasak nasi menggunakan rice cooker lebih beresiko cepat mengering dibandingkan dimasak secara manual atau menggunakan dandang yang memakan waktu cukup lama. Berikut ini beberapa tips agar nasi tidak cepat mengering ketika dimasak menggunakan rice cooker:

1/ Cuci Beras Sampai Bersih

Bakteri dan kotoran yang ada pada beras yang tidak dicuci bersih, tentu dapat menjadi salah satu penyebab mengapa nasi yang dimasak di rice cooker menjadi lebih cepat basi. Oleh karena itu, pastikan beras dicuci hingga bersih, sehingga aman saat dikonsumsi.

2/ Volume Air Cukup

Jumlah air yang digunakan bisa menjadi penentu utama mengapa nasi bisa basi maupun kering. Jika air yang digunakan terlalu banyak, maka akan menyebabkan nasi menjadi terlalu lembek dan cepat basi. Begitu pula ketika airnya kurang, maka nasi menjadi terlalu kering dan keras.

3/ Gunakan Jeruk Lemon

Setelah dicuci, teteskan air perasan jeruk lemon ke dalam beras, agar membunuh sisa bakteri yang mungkin masih ada, dan akan menghilang ketika melalui proses pemasakan. Hal ini juga bertujuan agar tekstur pada nasi menjadi semakin lembut dan juga warna nasi pun menjadi lebih putih. Kesegaran alami yang terkandung dalam jeruk dapat membuat nasi tetap awet saat disimpan seharian dalam rice cooker.

4/ Masak Untuk Sekali Makan

Maksud dari poin ke empat ini yaitu masaklah nasi di pagi hari untuk sarapan pagi. Bukannya menanak nasi di pagi hari justru malah dimakan pada sore hari, bahkan malam hari. Hal ini lah yang membuat nasi cepat basi, karena dihangatkan terlalu lama dalam rice cooker.

Jika nasi di pagi hari sudah habis, sebaiknya masak lagi di siang hari. Meskipun dirasa merepotkan, cara ini sangat efektif agar nasi tidak mudah basi, cepat berubah warna menjadi kuning, dan bahkan mengering atau mengeras. Tentunya agar lebih fresh dan enak ketika ketika dinikmati.

Selesai sudah tips mulai dari memilih jenis rice cooker yang tepat agar memasak nasi menjadi lebih menyenangkan, sampai memasak nasi agar tidak cepat kering dan juga basi yang ada di atas. Jangan lupa membersihkan dan merawatnya dengan benar agar rice cooker awet dan tahan lama ya!

Endeustorial

Ikuti Instagram