Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sambal terasi sampai saat ini masih menjadi primadona di Indonesia. Aromanya yang sedap sangat cocok dihidangkan bersama lauk dan nasi putih panas.

Sambal terasi terbuat dari bahan dasar cabai rawit merah dan terasi. Harum terasi yang menyengat ternyata menjadi favorit bagi para pecinta sambal, terutama di bulan ramadhan ini. Meski menggunakan bahan sederhana, namun ENDEUSiast cermat dalam membuatnya agar bisa menghasilkan citra rasa yang pedas sedap. Berikut ini resep sambal terasi yang bisa ENDEUSiast buat dibuat selama bulan ramadhan.

Bahan membuat sambal terasi:

Cabai rawit merah, sesuai selera

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 buah tomat

Garam, secukupnya

Gula, secukupnya

Terasi, secukupnya

Minyak goreng

Cara membuat sambal terasi:

Langkah pertama untuk membuat sambal terasi adalah goreng cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih dan tomat di wajan yang telah berisi minyak panas. Pastikan bahwa minyak tersebut benar-benar sudah panas merata agar semua bahan bisa matang dengan sempurna. Jika sudah matang, tiriskan semua bahan hingga tidak ada minyak yang menempel.

Selanjutnya bakar terasi hingga berbau harum. Selain dibakar ENDEUSiast juga bisa dengan cara dipanggang diatas teflon selama beberapa menit hingga terasi mulai mengering.

Siapkan cobek lalu mulai ulek semua bahan dan terasi yang telah dibakar tadi. Jangan menggunakan blender karena cabai hanya akan tercincang saja namun rasanya tidak akan menyatu dengan terasi. Rasa dari terasinya pun tidak akan maksimal. Untuk mempermudah mengulek, ENDEUSiast bisa terlebih dahulu memotong cabai rawit, bawang merah dan putih menjadi beberapa bagian.

Masukkan garam dan gula secukupnya. Lalu ulek kembali sampai semuanya tercampur merata. Perlu diingat bahwa terasi sendiri sudah asin dan gurih jadi tidak perlu menambahkan garam terlalu banyak.

Cicipi sambal terasi yang telah diulek tadi untuk memastikan rasanya sudah pas dengan selera.

Jika ENDEUSiast ingin sambal terasi segar, bisa menambahkan air jeruk nipis. Caranya, belah jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu peras airnya diatas sambal terasi. Aroma sambal terasi menjadi lebih sedap dan segar.

Sambal terasi siap dihidangkan untuk buka puasa maupun untuk sahur bersama keluarga.

Demikianlah resep sambal terasi yang sedap untuk disajikan selama bulan ramadhan. Bagaimana? Sangat mudah kan dalam membuat sambal terasi. Ingin mencoba masakan lainnya berbahan dasar terasi, ENDEUSiast bisa mencoba ayam goreng bumbu terasi dengan melihat resepnya di sini . Bila ingin pedas ENDEUSiast bisa mengkreasikan sendiri sesuai selera. Semoga informasi ini dapat membantu ENDEUSiast untuk membuat sambal terasi yang praktis dirumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.