Resep Praktis Tahu Untuk di Rumah
Resep Praktis Tahu Untuk di Rumah

Resep praktis dari tahu ini dijamin nggak bikin bosen dinikmatin di rumah.

Tempe dan tahu seperti nggak bisa terpisahkan dari berbagai menu masakan Indonesia. Ada banyak resep praktis berbahan dasar tahu yang cocok untuk disajikan untuk berbagai acara.

Tektsur tahu yang lembut membuat makanan yang satu ini cocok disajikan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Bila bosan digoreng atau diolah menjadi makanan yang itu-itu saja, ada banyak olahan tahu lain yang nggak kalah sedap. Berikut ini beberapa resep praktis berbahan dasar tahu yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

1. Pepes tahu

Pepes adalah makanan yang dibungkus dengan daun pisang. Selain ikan, tahu juga bisa dijadikan sebagai pepes. Tahu yang dijadikan pepes biasanya dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan santan yang kental.

Kita bisa menggunakan kelapa muda yang diparut, namun santan kelapa memberikan rasa pepes yang lebih halus. Agar lebih wangi kita bisa menambahkan daun kemangi. Bila ingin pedas, bisa menambahkan cabai sesuai dengan selera.

2. Sup tahu miso

Sup miso adalah salah satu sup yang populer di Jepang. Sup yang satu ini nggak membutuhkan banyak bahan yang susah didapat. Kita bisa membuat sup miso dengan bahan dasar tahu dan bayam atau pokchoy sebagai sumber serat.

Agar lebih lezat, sebaiknya gunakan kaldu dashi atau kaldu yang dibuat dari ikan. Bila nggak ada, kita bisa membuat sup miso tahu ini dengan kaldu sapi atau ayam.

3. Nugget tahu

Bila ingin membuat tahu untuk camilan, nugget tahu bisa menjadi pilihan yang tepat. Kita membutuhkan tahu yang sudah dihaluskan, bawang putih, dan wortel yang sudah diparut. Bahan adonan nugget tahu ini dicampur dengan rata dan kukus hingga matang.

Bila sudah dingin, tahu bisa dipotong-potong dan celupkan potongan tahu ke dalam adonan tepung terigu cair dan kemudian lapisi dengan tepung panir. Goreng nugget tahu hingga matang dan sajikan selagi hangat.

4. Mapo tahu

Mapo tahu adalah salah satu olahan tahu yang populer di restoran Cina. Olahan tahu yang satu ini menggunakan tahu dengan tekstur yang halus. Kemudian tahu dimasak dengan daging ayam atau daging sapi cincang dan juga bumbu-bumbu seperti tauco, saus tomat, saus tiram, kecap asin, bawang bombai, jahe cincang, dan sebagainya. Mapo tahu ini cocok disajikan dengan nasi yang hangat.

5. Sundubu jjigae

Makanan yang satu ini adalah favorit di Korea Selatan dan semakin naik daun karena ditampilkan di berbagai drama. Sundubu jjigae adalah sup yang terbuat dari tahu. Sup yang satu ini dibuat dari kaldu rumput laut dan ikan teri. Kemudian kaldu dicampur dengan cabai bubuk, kecap asin, bawang putih cincang, tahu, dan seafood sesuai selera. Sundubu Jjigae juga cocok disajikan dengan nasi hangat dan juga kimchi yang pedas dan segar.

Endeustorial

Ikuti Instagram