Resep masakan Indonesia terkenal dengan ciri khas kaya bumbu dan rempah. Salah satunya adalah daun aromatik yang memberikan aroma khas pada masakan.

Bukan masakan Indonesia namanya jika tidak ada bumbu dan rempah didalamnya. Ya. Ini menjadi salah satu ciri khas dari setiap masakan Indonesia. Bumbu dan rempah memberikan citra rasa dan aroma yang khas. Salah satu rempah yang menghasilkan aroma harum adalah daun aromatik.

Ada banyak aneka daun aromatik diantaranya adalah daun pandan. Jenis daun aromatik yang satu ini biasa digunakan untuk mengharumkan kue dan masakan. tidak hanya daun pandan, ada juga daun aromatik lainnya yang perlu ENDEUSiast ketahui. Apa saja itu? Mari lihat di bawah ini.

1/ Daun Salam

Jenis daun aromatik yang satu ini hampir selalu ada disetiap masakan karena memiliki aroma yang khas. Ciri fisik dari daun salam adalah bentuknya yang runcing pada bagian ujung dan memiliki warna hijau. Semakin gelap warnanya makan semakin menghasilkan aroma yang kuat.

Daun salam memiliki 3 jenis yaitu yang segar dan kering. Untuk menggunakan daun aromatik ini bisa diiris, disobek atau dimasukkan langsung kedalam masakan. Biasanya daun salam banyak digunakan untuk masakan yang berkuah dan bersantan seperti sayur lodeh .

2/ Daun Jeruk

Sesuai dengan namanya, daun aromatik yang satu ini memiliki aroma jeruk yang kuat. Ciri dari daun jeruk adalah teksturnya yang tebal dan berwarna hijau terang. Bila ingin menggunakannya, buang bagian batangnya cukup pakai daunnya saja, memiliki aroma yang kuat maka daun jeruk banyak digunakan untuk masakan seperti bumbu pecel, sambal balado dan peyek.

3/ Daun Kemangi

ENDEUSiast suka makan menggunakan lalapan? Pasti sudah tidak heran lagi dengan daun yang satu ini. Ya, daun kemangi termasuk dalam kategori sayuran segar yang cocok dijadikan sebagai bahan lalapan. Daun ini paling banyak ditemukan dalam menu makanan sunda. Memiliki aroma yang kuat, daun kemangi juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau amis pada makanan seperti pepes, pecel sayur hingga sup ikan.

4/ Daun Pandan

Sudah dijelaskan sedikit diatas bahwa daun pandan termasuk jenis daun aromatik yang memberikan aroma harum pada masakan dan kue. Daun yang memiliki bentuk ramping dan tipis ini ternyata tidak hanya digunakan sebagai aroma masakan saja tetapi juga untuk pewarna hijau pada makanan. Jadi bila ENDEUSiast mau bikin kue berwarna hijau, bisa memanfaatkan daun pandan.

Sekarang ENDEUSiast sudah mulai paham kan jenis daun aromatik yang sering digunakan pada masakan. ENDEUSiast tidak perlu lagi untuk menggunakan bahan-bahan diatas demi terciptanya aroma masakan yang harum.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.