Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Resep masakan plecing kangkung terlihat sederhana karena hanya direbus saja. Tetapi ENDEUSiast juga harus tahu cara merebus kangkung agar tetap hijau.

Di Indonesia, jenis sayuran yang paling banyak diminati adalah kangkung. Sayuran yang satu ini sangat mudah diperoleh baik di pasar tradisional maupun swalayan. Kita biasa menemukan kangkung sebagai bahan dalam setiap masakan Indonesia mulai dari pecel hingga plecing kangkung yang merupakan kuliner khas Bali.

Membuat plecing kangkung sebenarnya cukup mudah karena kangkung hanya diolah dengan cara direbus. Tetapi, merebus kangkung memerlukan tips khusus. Bila kita salah mengolahnya, maka kangkung akan berubah warna menjadi hitam. Hal ini tentu membuat tampilan dari hasil makanannya menjadi tidak menarik. Nah, untuk menghindari hal tersebut berikut diberikan beberapa tips merebus kangkung agar warnanya tetap hijau dan terlihat segar.

Merebus Dengan Menggunakan Api Besar

Ada kalanya dalam proses memasak kita memang harus mengecilkan api agar masakan tidak gosong. Namun, pada proses perebusan kangkung, ENDEUSiast justru perlu menggunakan api besar agar air rebusan cepat panas. Setelah itu ENDEUSiast bisa langsung memasukkan kangkung yang sudah dibersihkan sebelumnya ke dalam rebusan air tersebut. Tujuan dari penggunaan api yang besar adalah agar kangkung cepat matang dan menjaga warna hijaunya.

Pada saat perebusan kangkung, ENDEUSiast tidak perlu menggunakan banyak air. Pada sayur kangkung terdapat kandungan air yang bisa keluar pada saat dimasak. Tidak heran juga ketika kita menumis kangkung pasti akan keluar airnya sedikit. Jadi, ENDEUSiast tidak perlu menambahkan air lagi apalagi jika kondisi kangkung masih segar. Pilihlah kangkung segar yang hijau, jangan pilih kangkung dengan warna yang sudah pudar karena bila direbus nantinya warna dari sayur tersebut akan otomatis berubah menjadi kehitaman.

Menggunakan Air Lemon atau Garam

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya dikonsumsi sebagai buah, air perasan lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan warna kangkung agar tetap hijau. Caranya adalah menuangkan air perasan lemon ke dalam panci rebusan kangkung. Kemudian olah sesuai dengan resep masakan yang hendak ENDEUSiast buat.

Bila tidak ada air lemon, masih ada bahan dapur lain yang bisa ENDEUSiast manfaatkan yaitu garam. Cukup tuangkan satu sendok garam ke dalam air rebusan kangkung dan biarkan sayur tersebut matang. ENDEUSiast bisa lihat hasilnya, warna dari sayur kangkung tidak akan berubah.

Demikianlah tips merebus kangkung agar warnanya tetap hijau. Tidak perlu merebus terlalu lama karena itu juga dapat berpengaruh terhadap kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kangkung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya