Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kuliner Perancis banyak menggunakan teknik rumit dan bahan ‘elit’. Namun ada beberapa masakan yang gampang untuk resep rumahan seperti berikut ini.

Negara yang terkenal dengan menara Eiffel ini juga dikenal sebagai kiblat hidangan eropa modern. Umumnya masakan Perancis terkesan rumit dengan teknik memasak jelimet. Bagi ENDEUSiast yang tertarik untuk mencoba makanan khas Perancis, tidak perlu harus datang ke negaranya karena ada banyak makanan khasnya yang lezat dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Untuk lebih lengkapnya mari simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Soupe a l’oignon

Makanan sejenis sup ini adalah kuliner khas Perancis. Bahan utamanya adalah bawang khas perancis, namun bisa menggunakan bawang bombay. Kuliner berkuah ini menggunakan bahan bawang putih dan tambahkan dengan suwiran daging ayam serta parutan keju. Semua bahan tersebut dimasukkan dan dicampurkan menjadi satu kedalam kuah kaldu daging sapi. Jadi rebus daging sapi lalu gunakan kaldunya sebagai kuah sup. Makanan yang mengandung nilai gizi tinggi ini bisa disantap untuk menu makan siang maupun makan malam.

2/ Cassoulet

Masakan khas Perancis yang satu ini terbuat dari sosis dan kacang putih. Kedua bahan tersebut kemudian dimasukkan kedalam panci dan dimasak secara bersamaan. Dari tampilannya memang terlihat seperti sup tetapi bedanya ada pada kuahnya yang kental dengan citra rasa bumbu ala perancis yang khas. Cassoulet termasuk dalam kategori makanan berat karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Hidangan ini sangat cocok disantap bersama keluarga pada saat cuaca dingin.

3/ Boeuf Bourguignon

Jika di Indonesia punya rendang maka Perancis punya boeuf bourguignon . Kuliner khas Perancis ini sekilas terlihat seperti rendangnya Indonesia. Makanan ini juga dikatakan sebagai makanan terlezat yang ada di Perancis. Tidak heran bila banyak masyarakat lokal hingga para turis mancanegara yang rela antri panjang demi bisa menikmati hidangan terlezat di Perancis ini. Tekstur daging boeuf bourguignon juga sama seperti rendang yang memiliki tekstur yang lembut. Ciri khas dari hidangan ini adalah dimasak dengan menggunakan red wine maka tidak heran bila boeuf bourguignon juga termasuk dalam hidangan mewah.

4/ Crème Brulee

Pencuci mulut berbahan dasar kuning telur dan krim kental yang ‘dicambuk’ hingga bertekstur custard. Paling populer dengan sentuhan vanilla yang manis atau air jeruk lemon segar. Paling seru pada bagian atas bertabur gula berbutir halus lalu dibakar dengan torch . Karamel tipis dipecahkan, menyumbang tekstur krenyes saat dikulum.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.