Resep masakan padang sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. tidak heran di setiap sudut kota pasti ada rumah makan padang.

Masakan padang terkenal dengan bumbu dan rempahnya yang banyak serta rasa pedas yang tidak terlewatkan. Sama halnya dengan masakan khas nusantara lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri begitu juga dengan masakan padang. Bagi ENDEUSiast yang belum tau tentang ciri khas dari masakan padang, berikut akan dijelaskan dibawah ini.

1/ Cita Rasa Pedas

Bukan masakan padang namanya jika rasanya tidak pedas. Bagi para pecinta pedas tentunya akan suka dengan masakan padang karena ciri khasnya adalah memiliki citra rasa pedas. ciri khas yang satu ini tentu bukan tanpa alasan. Jadi di Minang ada daerah dataran tinggi yang bernama Darek. Daerah yang satu ini cuacanya selalu dingin maka dari itu masyarakat disana memutuskan untuk menciptakan hidangan yang dapat membuat mereka tetap hangat. Dipilihlah hidangan dengan citra rasa pedas. penggunaan cabai disetiap resep masakan padang bisa membantu menghangatkan tubuh. Jenis cabai yang digunakan bisa berupa cabai merah keriting, cabai merah besar atau cabai hijau.

2/ Cabai Diulek

Dalam mengolah cabai pun sangat diperhatikan pada masakan padang. Masyarakat Minang biasa mengolah cabai dengan cara diulek karena dianggap akan lebih nikmat dan terasa pedasnya bila dibandingkan dengan diblender. Bila ENDEUSiast datang ke rumah makan Padang maka akan melihat cabai hijau yang sudah diulek kasar.

3/ Kaya Bumbu dan Rempah

Sudah dijelaskan sedikit diatas bahwa resep masakan padang menggunakan bumbu dan rempah yang berlimpah. Penggunaan bumbu dan rempah pada masakan juga memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan daerahnya. Khusus untuk daerah Minang, Sumatera Barat biasa menggunakan bumbu seperti daun sereh, lengkuas, kunyit dan beberapa rempah aromatik seperti daun jeruk, cengkeh, kayu manis hingga kapulaga. Adanya bumbu dan rempah sebenarnya sudah ada sejak lama dimulai ketika pedagang dari India dan Arab singgah di daerah Sumatera Barat.

4/ Menggunakan Santan

Ciri khas lain dari resep masakan padang adalah penggunaan santan hampir disetiap masakannya. Tujuan dari penggunaan santan adalah untuk memberikan rasa gurih pada hidangan. Salah satu contoh masakan yang menggunakan santan di masakan padang adalah gulai bola daging. Selain itu pada pembuatan kalio dan rendang juga akan membutuhkan parutan kelapa yang tidak sedikit.

Ternyata resep masakan Padang memiliki sejarah dan keunikan yang membuat orang Indonesia jatuh hati. Tidak heran bila hidangan asal Sumatera Barat ini sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Demikianlah informasi tentang ciri khas dari resep masakan padang. Semoga bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.