Bagi anak kos, resep masakan menjadi hal yang rumit dan ribet. Namun bagaimana kalau ada resep praktis yang bisa dimasak menggunakan rice cooker?

Bagi anak kos, sering kali memasak dianggap menjadi kegiatan yang merepotkan karena membutuhkan banyak alat seperti wajan, kompor, dan serok. Belum lagi bahan dan bumbu yang banyaknya minta ampun. Ini menjadikan acara masak tidak gemari dan lebih memilih membeli di warung makan. Padahal sebenarnya, alat-alat disekitar bisa digunakan untuk membuat sajian lezat, misalnya adalah rice cooker.

Rice cooker yang biasanya dibuat untuk menanak nasi, bisa dimanfaatkan untuk membuat beberapa hidangan praktis yang tidak akan menguras kantong, tenaga, dan waktu. Apalagi di akhir bulan, uang bisa dihemat dengan mengolah makanan sendiri. Inilah beberapa masakannya:

1/ Mie Instan

Membuat mie instan dengan menggunakan rice cooker ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Mie instan memang menjadi pengganjal perut yang lezat dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit untuk menyajikannya matang. Tentu ada banyak resep yang menambah nikmat makan mie. Namun, jika ingin simple cukup mie dengan bumbu dalam kemasan bisa membuat kenyang.

Untuk memasaknya dalam rice cooker adalah dengan menuangkan air ke dalam rice cooker dan masukkan mie ketika air hampir matang. Setelah itu sajikan

2/ Pizza Mie

Pizza memang makanan mahal, tapi pizza mie bisa dijadikan alternatif ketika ngidam pizza. Membuat pizza mie dengan rice cooker tidak memakan waktu lama dan untuk memberi rasa, bumbu mie instan dari mie yang digunakan dalam pizza mie jadi andalan.

Pertama-tama, mie yang sudah matang dicampur dengan adonan telur yang dikocok bersama bumbu instan. Kemudian tuang minyak dalam rice cooker yang menyala, lalu masak adonan tadi. Mudah bukan?

3/ Telur

Telur memang menjadi masakan andalan karena cara pembuatannya yang mudah. Dengan rice cookerpun bisa dilakukan. Caranya sama seperti membuat pizza mie, menggunakan minyak yang diimasak ke dalam rice cooker panas.

Untuk pilihannya, scramble atau dadar bisa digunakan.

4/ Sop

Kalau mengira membuat sup akan memakan waktu dan biaya yang mahal, maka ini merupakan hal yang salah. Ketika membeli di warung, ada beberapa jenis sayur yang telah disatukan untuk dijadikan sop. Harganya kurang dari lima ribu rupiah. Untuk bumbunya bisa menggunakan kaldu bubuk kemasan yang terjual bebas.

5/ Sandwich

Bila mendengar makanan ini, pastinya teringat dengan masakan restauran. Namun, sandwich pada dasarnya hanyalah roti isi, maka dari itu untuk membuatnya dengan sederhana, tidak perlu effort berlebihan. Tentu sandwich hanya membutuhkan roti yang dipanggang di rice cooker dan telur matang serta sayur, misalnya selada, sebagai isiannya. Membuat sandwich tidak rumit bukan?

Itulah resep masakan praktis yang bisa dicoba menggunakan rice cooker terutama untuk anak kos yang malas memasak dengan kompor. Bahan-bahannya murah dan mudah didapat di warung terdekat. Tertarik membuatnya?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.