Resep Masakan Lezat Berbahan Dasar Nasi Khas Nusantara
Resep Masakan Lezat Berbahan Dasar Nasi Khas Nusantara

Resep masakan berbahan dasar nasi sangatlah beragam. Bahkan setiap daerah di Indonesia pun memiliki sajian nasi khasnya tersendiri. (Dok. Shutterstock)

Resep masakan berbahan dasar nasi sangatlah beragam. Bahkan setiap daerah di Indonesia pun memiliki sajian nasi khasnya tersendiri. Apa saja ya?

Resep masakan berbahan dasar nasi sangatlah beragam. Karena sebagai orang Indonesia, belum lengkap rasanya bila sehari tidak makan nasi. Membahas soal nasi, akan selalu ada resep masakan lezat yang hadir. Ada banyak resep masakan menggunakan bahan nasi dari berbagai daerah dengan citra rasa dan keunikan masing-masing.

Mungkin beberapa diantara ENDEUSiast sudah pernah ada yang mencoba beberapa masakan nasi dari daerah tertentu namun ada juga yang belum pernah karena harus mencicipinya langsung di daerahnya. Sebelum ENDEUSiast pergi ke daerah tersebut, ada baiknya simak daftar masakan dari bahan nasi yang perlu ENDEUSiast coba.

1/ Nasi Minyak

Masakan yang satu ini memang terbuat dari nasi yang dimasak menggunakan minyak samin. Di Palembang pada jaman dahulu nasi minyak dianggap makanan mewah yang hanya bisa dimakan oleh Sultan Palembang beserta tamu agungnya.

Seiring dengan perkembangan waktu kini nasi minyak bisa ENDEUSiast temukan dengan mudah di daerah Palembang dan Jambi. Di Palembang, nasi minyak dihidangkan bersama dengan kari ayam, sambal nanas dan malbi. Untuk yang di Jambi, dihidangkan bersama dengan kuah kari. Nasi minyak memiliki kesamaan dengan nasi briyani.

2/ Nasi Megono

Pekalongan memang terkenal dengan batik khasnya. Tetapi, selain itu juga terdapat masakan nasi khas Pekalongan yaitu nasi megono. Nasi megono merupakan nasi yang dituang urap nangka atau biasa disebut dengan megono.

Tidak sulit untuk mencari nasi yang satu ini, ENDEUSiast bisa menemukannya di sepanjang jalan Pekalongan mulai dari pagi hingga malam hari. Nasi yang memiliki rasa gurih dan wangi ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan tempe mendoan, mangut ikan dan telur balado.

3/ Nasi Liwet

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing dengan namanya nasi liwet. Terdiri dari 2 jenis yaitu nasi liwet khas Sunda dan nasi liwet khas Solo. Pada nasi liwet khas Solo dimasak menggunakan santan sedangkan nasi liwet sunda tidak pakai santan, disitulah letak perbedaannya.

Jadi ENDEUSiast tidak perlu bingung lagi ya untuk membedakan mana nasi liwet solo dan nasi liwet sunda. Untuk lauk pauknya juga cukup berbeda, nasi liwet sunda biasa ditemani lauk ikan asin, lalapan dan sambal goreng sedangkan nasi liwet solo menggunakan telur, ayam kuning sayur pepaya muda dan areh-kumut.

Diantara dari ketiga resep masakan lezat dari bahan nasi khas nusantara, manakah yang menjadi favoritmu? Jika belum pernah mencobanya, semoga diberi kesempatan untuk berkunjung ke daerahnya dan mencicipi kuliner khasnya.

Endeustorial

Ikuti Instagram