Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tahukah ENDEUSiast ada beberapa masakan khas Korea yang sekilas mirip dengan makanan Indonesia.

Bagi yang sering menonton Drama Korea pasti pernah melihat aneka masakan khas Korea yang lezat terutama kimchinya yang menjadi makanan wajib mereka. Tetapi pernahkah ENDEUSiast menyadari bahwa ada beberapa masakan khas Korea yang tampilannya mirip dengan makanan Indonesia. Mungkin yang membedakan terletak pada bumbu, bahan dan cara pengolahannya. Kira-kira apa saja masakan korea yang serupa dengan hidangan khas Indonesia? mari ENDEUSiast simak selengkapnya di bawah ini.

1/ Japchae

Japchae merupakan masakan khas Korea yang bentuknya seperti bihun. Bila di Indonesia makanan ini sering disebut dengan bihun goreng. Jika dilihat dari tampilannya memang nampak seperti bihun goreng, yang membedakan hanyalah bahan yang digunakan. Japchae adalah mie terbuat dari pati ubi, tampilannya hampir transparan dengan sentuhan warna abu-abu. Rasa japchae lebih manis bila dibanding bihun goreng dan teksturnya yang lebih kenyal. Untuk bumbunya hampir sama dengan membuat bihun goreng seperti menggunakan aneka sayuran, minyak wijen dan kecap asin.

2/ Bibimbap

Masakan satu ini sering dijuluki sebagai nasi campur ala Korea. Di Indonesia ENDEUSiast lebih mengenalnya sebagai nasi pecel khas Indonesia. Bagaimana bisa dikatakan nasi pecel? Karena bila dilihat konsep dari bibimbap nyaris sama dengan nasi pecel. Mulai dari bahan utamanya sama-sama menggunakan nasi dan aneka sayuran. Keduanya juga sama-sama menggunakan bumbu yang disiram diatas nasi dan sayuran pada saat hendak disajikan. Perbedaannya juga terletak pada saus yang digunakan untuk kedua jenis masakan tersebut, pada pecel bumbu yang digunakan adalah saus kacang sedangkan untuk bibimbap menggunakan gochujang yaitu pasta cabai khas korea. Bila tertarik membuat bibimbap di rumah bisa lihat resepnya di sini.

3/ Patbingsu

Pada musim panas di Korea biasanya banyak pedagang yang menjual patbingsu. Makanan yang satu ini merupakan es serut asli Korea. Varian yang paling umum dipilih oleh masyarakat korea adalah yang menggunakan saus kacang merah sebagai toppingnya. Kini sudah banyak aneka topping mulai dari marshmallow , aneka potongan buah, agar-agar hingga aneka rasa sirup. Patbingsu ini tampilannya hampir sama dengan es serut yang ada di Indonesia. Jadi bila ENDEUSiast ingin mencicipi patbingsu, bisa saja cari es serut yang banyak dijual di pinggiran jalan.

Kini ENDEUSiast sudah tidak perlu lagi bingung untuk mencari makanan korea yang mungkin sulit ditemukan di Indonesia karena beberapa diantaranya memang mirip dari segi tampilan hingga rasanya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.