Resep masakan Indonesia ternyata banyak yang merupakan perpaduan dari kuliner Belanda. Berikut beberapa contohnya, sudah tahu?

Indonesia menjadi salah satu negara yang merupakan bekas dijajah oleh Belanda. Maka tidak heran bila terdapat sisa-sisa bekas Belanda salah satunya adalah dari sisi kuliner. Tidak semua resep masakan Indonesia murni dari Indonesia tetapi ternyata ada banyak masakkan yang merupakan perpaduan dari kuliner Belanda.

Lamanya masa penjajahan dahulu berdampak pada tercampurnya kedua budaya tersebut mulai dari kebiasaan, adat hingga kuliner. Sayangnya, belum banyak yang tahu bahwa sajian yang mereka hidangkan setiap harinya tersebut merupakan campuran dari kuliner Belanda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hidangan tersebut, mari simak daftarnya dibawah ini.

1/ Semur

Semur yang selama ini kita tahu adalah masakan khas Indonesia yang terdiri dari daging dan beragam rempah-rempah. Ternyata bila kita melihat sejarah, semur merupakan makanan yang terinspirasi dari kuliner Belanda yaitu smoor. Maka nama Indonesianya adalah semur.

Di Belanda, kuliner smoor terbuat dari daging yang direbus lama bersama dengan tomat dan bawang. Beda dengan Indonesia yang menggunakan beragam bahan dan bumbu rempah khas Indonesia. tidak heran bila kini ada banyak varian semur yang bisa ENDEUSiast jumpai seperti semur kecap tahu telor .

2/ Sup Kacang Merah

Masakan Indonesia yang satu ini terbilang makanan sehat karena bahan yang digunakan adalah kacang merah yang dipadukan dengan potongan daging sapi. Sup yang satu ini cukup terkenal di Indonesia daerah timur. Tetapi tahukah ENDEUSiast bahwa sup kacang merah ternyata merupakan kuliner yang telah diadaptasi dari Belanda.

3/ Perkedel

Siapa yang tidak kenal dengan perkedel, pasti semua mengetahuinya. Jika ENDEUSiast berkunjung ke rumah makan padang pasti akan menemukan hidangan yang satu ini. Makanan yang terbuat dari kentang tumbuk ini ternyata berasal dari makanan lokal Belanda.

Di Belanda sendiri bahan utamanya menggunakan daging dan kentang. Tetapi tidak di Indonesia karena pada zaman dahulu cukup sulit menemukan daging sehingga yang dipakai hanya kentang saja. Tetapi kini ENDEUSiast sudah bisa melihat ada banyak varian isian kentang yang dipadukan dengan bahan lain.

4/ Lapis Legit

Kue lapis legit sering dimakan untuk camilan atau untuk acara tertentu. Di Belanda, makanan manis ini dijadikan sebagai hidangan untuk jamuan ala kolonial. Di Indonesia, kue lapis legit memiliki banyak varian rasa mulai dari cengkeh, kayu manis hingga kapulaga.

Tidak menyangka kan bahwa selama ini masakan yang ENDEUSiast pikir adalah dari Indonesia ternyata merupakan makanan yang berasal dari Belanda pada saat jaman penjajahan dulu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan ENDEUSiast.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.