Resep Masakan Indonesia Menggunakan Kuah Santan
Resep Masakan Indonesia Menggunakan Kuah Santan

Resep masakan Indonesia memang banyak yang menggunakan santan. Santan dikenal sebagai bahan yang memberikan rasa gurih khas disetiap masakannya.

Resep masakan Indonesia memang banyak yang menggunakan santan. Santan dikenal sebagai bahan yang memberikan rasa gurih khas disetiap masakannya.

Sudah tidak diragukan lagi masakan yang menggunakan santan dijamin rasanya lebih enak. Apalagi bila digunakan untuk makanan berat atau makanan penutup. Selain itu, santan juga sering dipakai dalam pembuatan kue agar aromanya lebih wangi.

Khusus masakan Indonesia memang ada banyak sekali yang menggunakan santan disetiap masakan. mulai dari opor hingga gulai. Bila ENDEUSiast ingin membuat masakan nusantara yang terbuat dari santan, bisa melihat beberapa referensinya di bawah ini.

1/ Opor Ayam

Seperti yang telah disinggung sedikit diatas bahwa salah satu makanan yang menggunakan kuah santan adalah opor ayam. Masakan khas nusantara ini biasanya disajikan pada momen lebaran dan didampingi bersama ketupat.

Kuah opor yang terbuat dari santan itulah yang menghasilkan rasa gurih nan lezat. Terdapat juga beragam rempah-rempah seperti ketumbar dan jahe yang memberikan aroma khas yang menggugah selera untuk siapapun yang mencium aromanya.

2/ Gulai Kepala Ikan Kakap

Sekalipun hanya menggunakan kepala ikan saja tetapi untuk rasa tidak perlu diragukan lagi. Bumbu kuah santan yang meresap hingga kedalam tulang kepala ikan sangat enak ketika disantap. Untuk membuat gulai kepala ikan kakap yang tidak amis ada tipsnya. Cuci bersih kepala ikan lalu lumuri perasan air jeruk nipis dan garam.

Diamkan selama beberapa saat lalu bilas kembali dan kepala ikan pun siap diolah. Jadi ketika menyantapnya, ENDEUSiast tidak akan mencium aroma amis lagi. Gulai kepala ikan kakap lebih enak disantap bersama dengan nasi putih hangat. Untuk mengetahui cara memasaknya secara tepat bisa melihat resep masakan Indonesia gulai kepala ikan kakap.

3/ Gulai Kambing

Jika resep masakan Indonesia yang diatas menggunakan kepala ikan maka untuk yang ini menggunakan daging kambing. Sebenarnya tidak hanya isian daging yang bisa dimasukkan, ada juga bagian lain kambing seperti jeroan, rusuk atau gajih bisa dijadikan gulai.

Hidangan yang terkenal dengan nama lain gule kambing dalam versi jawanya ini akan terasa nikmat bila diberikan tambahan cabai rawit utuh. Bila ingin pedas, ENDEUSiast bisa gunakan cabai rawit yang banyak sesuai dengan selera.

4/ Lontong Sayur Padang

Sebenarnya ada banyak jenis lontong sayur yang ada di Indonesia, tetapi yang menggunakan kuah santan kental dan gurih hanya lontong sayur padang. Layaknya masakan padang lainnya, lontong sayur yang satu ini juga menggunakan banyak bumbu dan rempah. sebagai pelengka, biasanya lontong sayur padang akan dinikmati bersamaan dengan kerupuk merah.

Itulah beberapa resep masakan Indonesia yang menggunakan kuah santan. Tertarik membuatnya? Selamat memasak.

Endeustorial

Ikuti Instagram