Resep masakan Indonesia yang memiliki citra rasa manis adalah semur. Semur merupakan masakan yang sederhana tapi banyak disukai.

Semur merupakan masakan nusantara yang sering dijadikan menu hidangan sehari-hari. Alasannya adalah karena cara memasak yang mudah dan bahan yang digunakan pun tidak sulit untuk dicari. Cukup memasukkan bumbu yang akan ditumis lalu campurkan air dan kecap, tunggu hingga semur matang.

Jika dilihat, caranya cukup mudah namun tetap membutuhkan teknik dan cara khusus agar tercipta semur yang lezat. ENDEUSiast tidak mau kan kalo semur yang dibuat terasa hambar apalagi bila hidangan tersebut disajikan untuk keluarga. Maka dari itu simak baik-baik tips memasak semur yang lezat di bawah ini.

1/ Menyiapkan Bahan Semur

Bahan yang digunakan untuk semur sangat beragam mulai dari daging sapi, daging ayam, telur, tempe dan tahu. Semua bisa ENDEUSiast campurkan menjadi satu hidangan atau diolah per bahannya.

Jika menggunakan daging sapi, maka potong dagingnya jangan terlalu tebal atau tipis agar nantinya ketika direbus, bumbu daging bisa meresap sempurna. Bila menggunakan daging ayam, tempe atau telur maka goreng terlebih dahulu hingga agak kecoklatan barulah dicampurkan ke dalam bumbu semur.

2/ Membuat Bumbu

Bumbu yang perlu disiapkan untuk semur ada 2 jenis, yang pertama adalah bumbu dasar terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, daun salam, kayu manis dan kapulaga. Semua bahan tersebut dihaluskan, bisa diulek atau diblender. Bumbu yang kedua adalah bumbu rempah yang terdiri dari serai, lengkuas dan jahe, lalu geprek agar aroma khasnya keluar.

3/ Tumis Bumbu

Setelah itu, tumis semua bumbu halus hingga tercium bau harum lalu masukkan bumbu rempahnya dan tumis hingga warnanya berubah menjadi gelap, tetapi tidak sampai gosong. Masukkan air, gula jawa dan kecap sedikit demi sedikit. Setiap orang memiliki selera yang berbeda, ada yang suka kuah banyak dan ada juga yang suka kuah sedikit. Jadi bisa disesuaikan dengan selera ENDEUSiast dan keluarga.

Masak hingga matang dan gunakan api kecil serta tutup pancinya. Tujuannya adalah agar bumbu semur bisa terserap sempurna. Ciri bumbu yang sudah meresap adalah air yang mulai surut dan juga ada sisa bumbu yang tersisa di bahan semur.

Kreasi semur yang bisa ENDEUSiast terapkan dirumah diantaranya ada semur kecap tahu telur dan semur ayam bakar. Cara memasaknya sama seperti yang telah dijelaskan di atas, mungkin bila ENDEUSiast ingin berkreasi bisa menambahkan bahan atau bumbu lainnya sesuai selera. Tidak sulit kan membuat semur? Asalkan mengikuti langkah-langkahnya, pasti akan tercipta semur yang enak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.