Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Resep masakan Indonesia sangat beragam. Terbukti ENDEUSiast bisa menemukan banyak varian kue tradisional khas Indonesia yang hingga kini masih eksis.

Indonesia memiliki beragam kuliner yang enak mulai dari makanan berat hingga camilan seperti kue. ENDEUSiast bisa menemukan banyak varian kue di pasaran. Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat kue tidaklah sulit dan terbilang cukup sederhana. Bahkan hanya menggunakan santan saja ENDEUSiast sudah bisa menciptakan kue yang gurih dan lezat.

Kue biasanya dimakan untuk camilan atau makanan pelengkap yang disantap bersama dengan keluarga. Tetapi, ada juga yang disajikan pada momen tertentu seperti misalnya hari kemerdekaan RI yang sudah dekat ini. Kira-kira apa saja jenis kue sederhana itu? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1/ Kue Wajik

Kue wajik terbuat dari ketan yang dicampurkan dengan gula merah dan santan sehingga menjadi adonan yang lembut. Untuk proses memasaknya pun cukup sederhana, hanya dengan cara dikukus hingga matang.

Nantinya hasil dari adonan tersebut akan menjadi kue yang berwarna cokelat. Warna tersebut berasal dari gula merah yang dicampur pada adonan kue. Sebenarnya kue wajik memiliki nama yang beragam tergantung dari asal daerahnya. Di Jawa Tengah kue ini disebut dengan kue wajik sedangkan di Sumatera diberi nama mulut manis.

2/ Kue Bikang

Di Jawa Tengah kue yang satu ini diberi nama coro bikang. Sekalipun termasuk dalam makanan tradisional namun ENDEUSiast masih bisa dengan mudah menemukannya di pasaran dan cocok disajikan pada momen tertentu seperti perayaan hari kemerdekaan.

Kue bikang terbuat dari santan dan diberi warna yang beragam seperti merah muda, putih, hijau dan coklat. Bentuk dari kue bikang terbilang cukup unik karena bentuknya yang bundar serta pada bagian tengahnya dibuat menjadi mengembang.

3/ Kue Serabi

Bagi ENDEUSiast yang tinggal di Pulau Jawa tentu akan mudah menemukan kue yang satu ini,namanya adalah kue serabi. Kue yang sudah terkenal sejak tahun 1923 dibuat dari bahan tepung beras, santan dan gula pasir, sehingga hasil akhirnya akan tercipta rasa yang gurih bercampur manis.

Untuk proses pembuatannya terbilang masih kuno karena dimasak dengan cara dibakar diatas tungku. Seiring dengan perkembangan jaman, kue serabi tidak hanya tersedia rasa manis saja namun juga sudah ada yang mengkreasikannya menjadi rasa keju hingga pedas.

Itulah beberapa masakan Indonesia berupa kue tradisional yang bisa ENDEUSiast sajikan ketika merayakan hari kemerdekaan RI bersama keluarga atau kerabat sekitar. Jika sekiranya ENDEUSiast punya banyak waktu sebaiknya buat sendiri kuenya di rumah daripada harus membeli di pasar. Untuk resep kue tradisional lainnya bisa ENDEUSiast temukan di sini .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.