Resep Masakan Indonesia Klasik Vegetarian
Resep Masakan Indonesia Klasik Vegetarian

Resep Masakan Indonesia Klasik Vegetarian

Masakan Indonesia ternyata ada juga yang cocok untuk vegetarian

Mendengar kata makanan vegetarian pasti ENDEUSiast lebih mengenal salad buah atau sayur. Biasanya sajian khusus untuk para vegetarian lebih menggunakan konsep masakan barat. Padahal di Indonesia sendiri, kita juga memiliki aneka menu masakan Indonesia yang bisa disantap oleh para vegetarian.

Meskipun olahannya berbeda dengan salad tetapi tidak menghilangkan tema masakan vegetarian. Bahkan ada banyak para vegetarian yang berasal dari negara lain menyukai masakan vegetarian khas Indonesia. Kita sebagai orang Indonesia juga harus bangga akan hal itu. Tentu juga turut mengkonsumsi makanan vegetarian khas Indonesia. Inilah beragam masakan Indonesia yang bisa dikonsumsi oleh para vegetarian.

1/ Sayur Urap

Urap memiliki arti dicampur. Jadi sayur urap artinya adalah kumpulan aneka sayur yang dicampur seperti tauge, kacang panjang dan beragam sayuran hijau. Untuk memberikan rasa pada sayur urap ini akan ditambahkan kelapa yang sudah dibumbui dan lebih enak lagi bila ada sambalnya. Menu vegetarian khas Indonesia ini sangat cocok dimakan bagi para pecinta pedas. rasanya kurang nendang bila belum menggunakan sambal. Hidangan sayur ini juga kerap disajikan pada acara tertentu seperti syukuran sebagai simbol syukur dan kegembiraan yang berbalut dalam suatu acara yang sederhana.

2/ Gado-Gado

Sama seperti urap, kuliner yang disebut gado-gado ini juga merupakan makanan sayur yang dicampur. Tidak hanya sayuran saja sebagai bahan utamanya, ada tambahan lainnya seperti bakwan, telur rebus, tahu, tempe, tomat dan kentang. Ada juga yang menambahkan lontong untuk memberikan asupan karbohidrat ke tubuh.

Semua bahan tersebut dimasak dengan cara direbus baru setelah itu dicampur dengan menggunakan saus bumbu kacang. Mau lebih nikmat lagi? Tambahkan saja kerupuk emping yang terbuat dari bahan dasar kulit melinjo. Untuk resep gado-gado bisa ENDEUSiast lihat di sini.

3/ Tahu Tempe Bacem

Tahu dan tempe merupakan kedua bahan yang sama-sama terbuat dari biji kedelai yang telah difermentasi. Namun, sajian yang satu ini tidak hanya digoreng melainkan diberi bumbu dan rempah khas Indonesia sehingga diberi nama tahu tempe bacem.

Tahu dan tempe direndam ke dalam air yang telah berisi bumbu rempah seperti lengkuas, daun salam, kecap manis, garam dan penyedap rasa. Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap. Barulah tahu dan tempe digoreng. penggunaan bumbu dan rempah ini bertujuan untuk memberikan cita rasa yang khas pada tahu dan tempe. Jadi tidak harus selalu digoreng. sajian ini juga bisa ENDEUSiast santap sebagai camilan ketika bersantai.

Beberapa masakan Indonesia di atas bisa menjadi referensi para vegetarian yang ingin mencoba kreasi lainnya. Selamat mencoba.

Endeustorial

Ikuti Instagram