Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Beberapa sajian ayam khas Bali yang wajib santap saat ENDEUSiast sedang berlibur di kota asalnya.

Bali merupakan salah satu ikon wisata favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya keindahan wisata alam dan baharinya saja yang mempesona, kuliner khas Bali juga tidak kalah menarik minat wisatawan.

Ciri khas dari masakan Bali adalah memiliki rasa yang pedas gurih walaupun tidak semuanya. Ada banyak kuliner khas Bali yang mudah untuk ditiru dirumah karena tergolong mudah dan masih termasuk dalam masakan rumahan. Berikut beberapa daftar makanan khas Bali yang wajib dicoba.

1/ Ayam Suwir Pedas

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya ayam suwir karena sering dijadikan sebagai bahan isian soto. Namun, ayam suwir khas Bali ini berbeda karena diolah menggunakan santan dan diberi bumbu pedas. Dijamin rasanya bikin ketagihan. Agar lebih mantap, tentu ENDEUSiast dapat menambahkan nasi putih hangat dan serombotan. Citra rasa yang pedas gurih menjadi ciri khas dari kuliner khas Bali yang satu ini.

2/ Ayam Betutu

Masih seputar ayam, kuliner khas Bali yang tidak kalah lezat lainnya adalah ayam betutu. Siapapun yang mengenal Bali pasti tau masakan yang satu ini. Ayam yang digunakan adalah ayam utuh segar yang diolah dengan tambahan daun singkong. Menggunakan banyak bumbu dan rempah pilihan membuat masakan yang satu ini memiliki citra rasa yang pedas gurih dan aromanya yang harum. Proses pembuatannya yang memakan waktu sekitar 2 jam ini membuat bumbu ayam menjadi terserap sempurna hingga kedalam daging.

Masakan khas Bali ini lebih lezat dihidangkan bersama nasi hangat dan sambal matah. Cocok dinikmati bersama keluarga atau sebagai bekal ketika piknik dengan anak. Untuk mengetahui cara masak ayam betutu, bisa dilihat di sini.

3/ Tum Ayam

Sepertinya resep masakan khas Bali tidak jauh dari bahan daging ayam. Untuk kuliner yang satu ini juga menggunakan olahan daging ayam yang telah dicincang halus dan diberi santan. Sama dengan masakan bali lainnya, tum ayam juga menggunakan bumbu rempah untuk memperkuat citra rasanya. Apalagi pada saat proses pengukusan dibalut dengan menggunakan daun pisang sehingga ketika matang akan tercium bau harum dari daun. Tum ayam bukan masakan pedas, tetapi bila ENDEUSiast ingin pedas bisa menambahkan cabe rawit di adonannya.

Sudah terbayang kan kelezatan dari kuliner khas Bali? Tunggu apalagi, langsung coba saja dirumah dengan mengikuti resep yang sudah disebutkan diatas tadi. Jika berhasil, maka masakan ini bisa ENDEUSiast jadikan menu harian atau menu bekal piknik bersama keluarga.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.