Resep Masakan Indonesia Khas Bali Cocok Disajikan di Hari Kemerdekaan
Resep Masakan Indonesia Khas Bali Cocok Disajikan di Hari Kemerdekaan

Resep masakan khas Bali terkenal akan rasanya yang eksotis bagi banyak orang. Berikut beberapa inspirasi sajian khas Bali yang bisa ENDEUSiast coba. (Dok. Shutterstock)

Resep masakan khas Bali terkenal akan rasanya yang eksotis bagi banyak orang. Berikut beberapa inspirasi sajian khas Bali yang bisa ENDEUSiast coba.

Resep masakan Indonesia sangatlah kaya dan beragam. Salah satu yang belakangan naik daun, tidak hanya dari sisi wisata tapi juga kulinernya, yakni Bali. Keindahan tempat wisata dan menawannya wisata alam di daerah Bali, membuat banyak para wisatawan bagi dalam negeri maupun mancanegara yang berbondong-bondong berkunjung.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya, terdapat juga berbagai macam masakan kaki lima yang lezat. Apa saja makanan itu? Mari simak daftarnya di bawah ini!

1/ Bulung

Ingin makan makanan yang pedas dan segar? cobalah mencicipi jajanan khas Bali yang satu ini, namanya adalah bulung. Resep masakan Indonesia yang satu ini terbuat dari bahan utama rumput laut dan beragam bumbu khas yang memberikan rasa pedas dan kesegaran pada hidangan ini. Bulung bisa disajikan pada saat perayaan hari kemerdekaan pada saat cuaca panas di siang hari.

2/ Sate Plecing

Masakan Indonesia khas Bali yang satu ini cukup familiar di kalangan wisatawan. Sajian ini memang serupa dengan sate pada umumnya. Jenis sate yang banyak dijual diantaranya adalah sate sumsum, sate kambing maupun sate ayam. Keunikan dari masakan ini adalah bumbu yang digunakan adalah saus sambal kacang yang ditambah dengan jeruk limau dan sedikit minyak goreng panas. Ketika ENDEUSiast memakannya akan terasa ada sensasi pedas yang menyegarkan.

3/ Plecing Kangkung

ENDEUSiast suka makan tumis kangkung? Mungkin ENDEUSiast akan menyukai masakan khas Bali yang satu ini. Jika dilihat memang hampir sama dengan tumis kangkung, tetapi kedua masakkan tersebut sangat berbeda terutama dalam pengolahannya.

Pada tumis kangkung, bumbu akan ditumis hingga harum baru masukkan kangkungnya, namun untuk plecing kangkung tidak ditumis melainkan hanya direbus lalu setelah matang barulah dituangkan bumbu kacang. Plecing kangkung sangat enak bila disajikan dalam kondisi cuaca yang dingin.

4/ Nasi Tepeng

Masakan khas Gianyar Bali ini dibuat dari nasi bubur yang atasnya dituang sambal matah, bumbu kuning dan beragam bumbu rempah-rempah, nanti tampilannya akan seperti bumbu kare. Untuk lauk pauknya biasa menggunakan ayam goreng, kacang merah, kacang panjang, terong, telur dan nangka muda.

Hidangan khas Bali ini bisa ENDEUSiast santap untuk sarapan atau perayaan spesial seperti hari kemerdekaan. Untuk jenis nasi lainnya bisa ENDEUSiast lihat resep nasi ayam daun jeruk .

Itulah beberapa resep masakan Indonesia khas Bali yang sayang ENDEUSiast lewatkan. Selain bisa dibuat di rumah, makanan-makanan tersebut rasanya juga pas disantap saat mengunjungi Bali untuk mencicipi keautentikan rasanya. Setuju?

Endeustorial

Ikuti Instagram