Resep masakan khas Bali terkenal akan kelezatannya. Berikut beberapa inspirasi sajian khas Bali yang bisa ENDEUSiast hadirkan di hari Kemerdekaan.

ENDEUSiast yang sudah pernah liburan ke Bali pasti merasa takjub akan keindahan tempat wisata disana. Warga yang tinggal disekitar area tempat wisata pun turut menjaga keindahan dan kebersihan dengan baik. Tidak heran bila banyak para wisatawan bagi dalam negeri maupun mancanegara yang berbondong-bondong datang ke Bali.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya, terdapat juga berbagai macam masakan kaki lima yang lezat. Apalagi sebentar lagi akan masuk hari perayaan kemerdekaan, pasti akan ada banyak jajanan khas Bali yang dijual di sepanjang jalan. Apa saja makanan itu? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1/ Bulung

Ingin makan makanan yang pedas dan segar? cobalah mencicipi jajanan khas Bali yang satu ini, namanya adalah bulung. Resep masakan Indonesia yang satu ini terbuat dari bahan utama rumput laut dan beragam bumbu khas yang memberikan rasa pedas dan kesegaran pada hidangan ini. Bulung bisa disajikan pada saat perayaan hari kemerdekaan pada saat cuaca panas di siang hari.

2/ Sate Plecing

Masakan Indonesia khas Bali yang satu ini cukup familiar di kalangan wisatawan. Sajian ini memang serupa dengan sate pada umumnya. Jenis sate yang banyak dijual diantaranya adalah sate sumsum, sate kambing maupun sate ayam. Keunikan dari masakan ini adalah bumbu yang digunakan adalah saus sambal kacang yang ditambah dengan jeruk limau dan sedikit minyak goreng panas. Ketika ENDEUSiast memakannya akan terasa ada sensasi pedas yang menyegarkan.

3/ Plecing Kangkung

ENDEUSiast suka makan tumis kangkung? Mungkin ENDEUSiast akan menyukai masakan khas Bali yang satu ini. Jika dilihat memang hampir sama dengan tumis kangkung, tetapi kedua masakkan tersebut sangat berbeda terutama dalam pengolahannya.

Pada tumis kangkung, bumbu akan ditumis hingga harum baru masukkan kangkungnya, namun untuk plecing kangkung tidak ditumis melainkan hanya direbus lalu setelah matang barulah dituangkan bumbu kacang. Plecing kangkung sangat enak bila disajikan dalam kondisi cuaca yang dingin.

4/ Nasi Tepeng

Masakan khas Gianyar Bali ini dibuat dari nasi bubur yang atasnya dituang sambal matah, bumbu kuning dan beragam bumbu rempah-rempah, nanti tampilannya akan seperti bumbu kare. Untuk lauk pauknya biasa menggunakan ayam goreng, kacang merah, kacang panjang, terong, telur dan nangka muda.

Hidangan khas Bali ini bisa ENDEUSiast santap untuk sarapan atau perayaan spesial seperti hari kemerdekaan. Untuk jenis nasi lainnya bisa ENDEUSiast lihat resep nasi ayam daun jeruk .

Itulah beberapa resep masakan Indonesia khas Bali, jika ENDEUSiast berkunjung ke Bali bisa sekalian mencicipi makanan di atas.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.