Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Resep masakan dari tempe memang menjadi makanan sejuta umat karena ekonomis. Selain murah, tempe juga bisa diolah menjadi makanan lezat.

Masakan yang terkenal harganya paling murah adalah tempe. Dengan harga kisaran 2 hingga 5 ribu Rupiah, ENDEUSiast sudah bisa mendapatkan tempe di pasar tradisional maupun swalayan. Bahan olahan yang terbuat dari kacang kedelai ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. mau dimasak menjadi makanan apapun rasanya tetap enak. Bisa dijadikan sebagai makanan utama maupun hanya sekedar camilan.

Masakan tempe yang ada di seluruh Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. tentunya beda daerah beda pula rasa dan kreasinya. Mau tau apa saja kreasi masakan tempe yang ada di Indonesia? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1/ Tempe Balado

Sajian khas rumahan ini memang tampak biasa saja. Tapi siapa sangka dibalik tampilannya yang sederhana, terdapat rasa yang lezat. Apalagi bila diolah menjadi masakan balado. Sambal pedas yang satu ini memang sudah terkenal kelezatan dan sensasi pedasnya yang bikin nendang di lidah. Sebenarnya tidak hanya tempe saja yang bisa diolah menjadi balado, hampir semua jenis bahan juga bisa menjadi masakan balado salah satunya adalah jengkol balado. Hanya saja untuk menu rumahan yang sederhana namun lezat memang dipilih tempe karena harganya yang murah, serta proses pembuatannya yang tidak ribet.

2/ Orek Tempe Pedas

Masih seputar makanan pedas yang dibuat dari tempe, sajian sederhana ini juga bisa ENDEUSiast buat untuk variasi menu masakan dirumah. orek tempe pedas bisa disantap menggunakan nasi putih biasa atau nasi uduk. Rasanya yang manis dan pedas serta aroma dari rempahnya menjadi ciri khas dari orek tempe pedas. Selain harganya yang ekonomis, masakan rumahan ini juga awet bila disimpan dalam jangka waktu yang lama asalkan dalam penyimpannya dilakukan dengan baik dan benar.

3/ Sayur Tempe Cabai Hijau

Biasanya untuk memberikan rasa pedas pada masakan, cabai yang digunakan adalah cabai rawit merah, karena rasanya yang lebih pedas dari cabe lainnya. Namun, untuk jenis masakan sayur tempe yang satu ini, cabai yang digunakan adalah cabai hijau. Kuah yang digunakan adalah santan. Jadi perpaduan antara rasa gurih dari santan dan pedas yang didapat dari cabai hijau menjadikan sayur tempe ini sangat menggugah selera makan. Sebagai tambahannya, ENDEUSiast bisa memberikan petai dan tahu goreng bila suka.

Itulah beberapa resep masakan dari bahan tempe yang bisa menjadi ide ENDEUSiast untuk membuat menu makanan dirumah. Sajian sederhana ini juga bisa menekan budget belanja ENDEUSiast.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.