Resep Masakan Berbungkus Daun, Kenali Dulu Jenis Daunnya
Resep Masakan Berbungkus Daun, Kenali Dulu Jenis Daunnya

Resep Masakan Berbungkus Daun, Kenali Dulu Jenis Daunnya

Go Green ala Indonesia dengan membungkus makanan dengan daun. Berikut daun yang populer menjadi pembungkus makanan

Daun menjadi pilihan bijak yang digunakan untuk membungkus makanan secara alami. Menggunakan daun juga secara tidak langsung turut berkontribusi dalam mencintai lingkungan, daripada harus menggunakan bahan lain yang sulit dan lama untuk terurai. Selain itu, penggunaan daun ternyata juga bisa membuat masakan lebih harum.

Ada beragam bentuk daun, mulai dari yang bulat, tebal, tipis, lebar hingga elips. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua daun bisa digunakan untuk membungkus makanan karena beberapa jenis daun justru memiliki kandungan beracun yang dapat membahayakan tubuh bila sampai tercampur ke makanan. Apa saja jenis daun yang bisa digunakan untuk membungkus? Mari ENDEUSiast lihat selengkapnya di bawah ini.

1/ Daun Kelapa

Ketika menjelang hari lebaran, pasti ENDEUSiast melihat banyak pedagang yang menjual bungkus ketupat. Bungkus tersebut merupakan daun kelapa muda atau janur. Membuat ketupat memang disarankan untuk memilih jenis daun kelapa yang masih muda karena teksturnya yang masih segar dan lebih elastis, sehingga ketika ENDEUSiast memasukkan beras ke dalam daun tersebut tidak akan rusak. Tidak hanya ketupat saja, beberapa makanan tradisional lainnya seperti Dumbeg, Clorot dan Legondo juga biasa dibungkus dengan daun kelapa.

2/ Daun Pisang

Untuk jenis daun yang satu ini pasti ENDEUSiast sering melihatnya. Daun Pisang termasuk jenis daun pembungkus alami makanan yang mudah dicari dan mudah digunakan. Ada tips khusus untuk membuat daun pisang lebih elastis dan kuat ketika dijadikan sebagai pembungkus makanan, yaitu dengan cara memanaskannya sampai daunnya layu, tetapi jangan sampai gosong dan terbakar. Contoh masakan yang menggunakan bungkus daun pisang adalah nasi bakar. Namun ingat, tidak semua jenis daun pisang bisa dijadikan sebagai bungkus makanan, hanya beberapa saja yang bisa, di antaranya Pisang Batu, Pisang Raja dan Pisang Kepok.

3/ Daun Jati

Selain daun pisang, nasi bakar juga bisa dibungkus dengan menggunakan Daun Jati. Setiap masakan yang dibungkus dengan menggunakan Daun Jati bisa menghasilkan aroma yang harum sehingga terasa lebih lezat. Selain itu, penggunaan Daun Jati sebagai bungkus makanan juga bisa membuat masakan lebih tahan lama. Pilihlah Daun Jati yang masih muda karena teksturnya yang elastis dan tidak mudah robek.

4/ Daun Woka

Pencinta masakan Manado pasti akrab dengan nasi kuning Manado. Warna daun pembungkusnya mirip dengan janur, yakni daun woka. Uniknya bentuknya tidak seperti helaian pita melainkan seperti kipas lipat dan bisa ditekan sedikit membentuk seperti mangkuk. Daun woka berasal dari tumbuhan jenis palem dengan daun yang menjari seperti kipas lipat. Biasanya daun woka muda yang digunakan untuk membungkus makanan karena masih sangat lentur.

Nah, itu dia daun-daun yang sudah terbukti aman digunakan untuk membungkus makanan. Jadi, jangan sembarangan pakai daun, ya. Bisa jadi daun yang ENDEUSiast pilih beracun dan tidak boleh digunakan.

Endeustorial

Ikuti Instagram