Resep masakan yang unik pun sehat! Cara pembuatannya tetap seperti burger pada umumnya hanya saja isiannya bukanlah daging melainkan tempe.

Burger merupakan salah satu western food yang cukup populer di Indonesia terutama untuk kaum milenial. Burger akan terasa enak bila dipadukan dengan daging sapi atau ayam dan ditambah saus pedas serta mayonnaise. Namun, kini tidak hanya daging sapi atau ayam saja yang bisa dijadikan sebagai isian burger, tempe pun bisa. Untuk soal rasa tidak perlu ditanyakan lagi karena sudah pasti tidak kalah nikmat dengan burger isi daging.

Bagi para ibu milenial yang ingin mencoba resep ini bisa banget. Langsung aja mari kita simak resep masakan burger tempe yang enak.

Bahan membuat burger tempe :

2 buah roti burger

1 papan tempe

2 sdm tepung terigu

2 sdm penyedap rasa ayam

1 bungkus tepung bumbu

tomat, iris tipis secukupnya

mentimun, iris tipis secukupnya

daun selada secukupnya

saus pedas, sesuai selera

mayonaise, jika suka

50 ml air

Cara membuat burger tempe :

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah kukus tempe terlebih dahulu, diamkan selama 15 menit lalu angkat dan tempe mulai dihancurkan.

Siapkan mangkuk yang berisi tepung terigu, penyedap rasa dan air secukupnya. Kemudian masukkan tempe yang telah dihancurkan tadi ke dalam mangkuk. Aduk hingga merata.

Bentuk tempe yang sudah tercampur dengan bumbu dan tepung tadi menyerupai daging ham.

Setelah semua tempe dibentuk menjadi bentuk ham, maka kamu tinggal menyiapkan tepung bumbu krispi di piring lainnya. Kemudian balurkan tempe ham tersebut ke dalam tepung krispi.

Siapkan wajan yang telah diisi minyak lalu panaskan dan masukkan satu persatu tempe yang telah dibalurkan tepung krispi. Goreng semua tempe ham hingga menjadi kuning kecoklatan. Jangan meninggalkan tempe yang sedang digoreng karena dikhawatirkan akan jadi gosong.

Setelah matang, kamu sudah mulai bisa menyusun roti burger tempenya dengan urutan : roti, saus pedas, daun selada, tomat, timun, mayonnaise, tempe ham, saus pedas dan tutup dengan roti burger.

Burger isi tempe pun telah siap.

Bagaimana mudah kan membuat burger isi tempe? Bagi para ibu milenial yang bosan dengan isian daging bisa banget menggantinya dengan isi lainnya seperti burger tempe ini. Selain harga tempe yang murah tentunya lebih sehat. Cocok banget dikonsumsi bagi kamu yang menghindari mengkonsumsi makanan daging. Caranya pun sangat mudah dipraktekkan di rumah.

Ingin menu masakan burger dengan varian lainnya? Bisa cek resepnya di sini . Selamat mencoba burger dengan varian yang berbeda dan semoga menu ini disukai iseluruh anggota keluarga.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.