Ayam mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Daging ayam juga mudah didapat dan diolah.

Ayam menjadi menu favorit bagi banyak orang untuk berbuka puasa. Apakah ENDEUSiast salah satunya? Banyak sekali olahan ayam dalam kuliner khas nusantara. Ini tidak mengherankan karena selain enak, ayam juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Salah satu olahan daging ayam adalah ayam kecap. ENDEUSiast tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk membuat ayam kecap ini. Cara membuatnya super mudah dan cepat. Praktis banget pokoknya!

Sebelum mulai memasak, potonglah terlebih dahulu daging ayam yang sudah ENDEUSiast beli. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/27/a7a09a72-1c3a-47d8-92b8-0245e0386722.jpg

Pertama , potonglah ayam menjadi dua bagian secara vertical. Mulailah dari bagian pantat ayam atau brutu. Sisakan bagian pugung ayam. ENDEUSiast bisa memanfaatkan pungung ayam untuk membuat kaldu. Dari kaldu ayam tersebut, cobalah membuat Resep Bakso Urat Kuah Kaldu ini.

Kedua , potonglah ayam menjadi empat bagian. Dari ayam yang telah terbagi dua, ENDEUSiast tinggal memisahkan bagian paha dan dada di kedua sisi. ENDEUSiast akan mendapatkan empat potongan besar.

Ketiga , pisahkan bagian sayap dengan bagian dada. Pisahkan juga bagian paha bawah dan paha atas. Jadi, ENDEUSiast akan mendapatkan delapan buah potong ayam yang terdiri dari 2 sayap, 2 dada, 2 paha bawah, dan 2 paha bawah.

Mudah bukan? Sekarang, daging ayammu sudah siap untuk dimasak. Nggak sabar untuk memasak ayam kecap untuk berbuka puasa nanti? Ayo catat bahan-bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkah berikut ini, ya.

Bahan untuk Membuat Ayam Kecap

½ kilogram daging ayam yang sudah dipotong-potong

6 siung bawang merah (haluskan)

4 siung bawang putih (haluskan)

2 ruas jari jahe (geprek)

3 ruas jari laos (potong tebal)

5 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

1 batang serai

Minyak goreng

Air

Merica bubuk

Kecap manis

Garam dan penyedap rasa

Cara Membuat Ayam Kecap

Cucilah ayam sampai bersih. Setelah itu, goreng ayam setengah matang, angkat, dan tiriskan.

Tumislah bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tambahkan jahe, laos, sereh, daun salam, dan daun jeruk. Aduklah dengan rata hingga harum. Kemudian, tambahkan air secukupnya.

Masukkan ayam yang sudah digoreng setengah matang. Tambahkan kecap manis, merica, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Aduklah hingga rata.

Cobalah rasanya. Jika sudah cukup, biarkan hingga airnya menyusut dan bumbu meresap dalam daging ayam. Setelah matang, matikan kompor.

Angkat dan letakkan masakan di wadah yang sudah disiapkan.

Agar makin nikmat, taburi bawang goreng.

Sajikan

Ayam kecap akan semakin nikmat jika ENDEUSiast hidangkan bersama dengan nasi hangat. Ingat ya, jagalah porsi makanmu agar tidak berlebihan. Selain ayam kecap, ENDEUSiast juga bisa mencoba Resep Bakwan Kulit Ayam sebagai camilan saat berbuka puasa. Selamat mencoba di rumah!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.