#RekomEndeus Berbagai Alat Pengganti Oven Untuk Memanggang Kue
#RekomEndeus Berbagai Alat Pengganti Oven Untuk Memanggang Kue

Pengganti Oven Untuk Memanggang Kue di Rumah #Rekomendeus

Banyak orang enggan membuat kue karena tidak punya oven di rumah. Berikut ini beberapa alat pengganti oven untuk memanggang kue

Oven memang menjadi salah satu alat memasak yang sangat penting terutama bila ingin membuat kue. Banyak orang yang enggan membuat kue karena merasa nggak mempunyai oven di rumah.

Padahal ada banyak cara memanggang kue yang bisa dilakukan meski tanpa menggunakan oven. Memanggang kue tanpa menggunakan oven memang memerlukan kesabaran karena memang harus menggunakan api yang cenderung kecil agar kue nggak mudah gosong.

Meskipun begitu, nggak ada salahnya bila ingin mencoba membuat kue tanpa menggunakan oven. Berikut ini adalah beberapa alat pengganti oven ketika membuat kue.

1. Wajan anti lengket

Wajan anti lengket atau teflon bisa dijadikan alat pengganti oven darurat. Selain digunakan untuk menumis atau menggoreng, wajan anti lengket ini juga bisa digunakan untuk memanggang kue mulai dari kue bolu, pie susu, hingga kue kering.

Salah satu kunci memanggang kue dengan menggunakan wajan anti lengket adalah menggunakan api yang kecil agar kue tidak mudah gosong. Selain itu, pastikan bila adonan tidak terlalu penuh untuk menghindari adonan kue luber ketika dipanggang dan juga menghindari bagian bawah kue menjadi mudah gosong.

2. Rice cooker

Selain untuk memasak nasi atau membuat bubur, rice cooker juga bisa difungsikan sebagai pengganti oven untuk memanggan kue. Kita bisa memanggang kue bolu atau roti manis dengan menggunakan rice cooker ini. Berbeda dengan menggunakan oven, memanggang kue dengan menggunakan rice cooker akan menghasilkan kue yang teksturnya cenderung basah.

Selain itu, bagian atas kue juga nggak bisa berwarna kecokelatan. Meskipun begitu tekstur kue menjadi lebih lembut sehingga cocok untuk digunakan memanggang kue sejenis bolu.

Cara menggunakan rice cooker untuk memanggang kue juga sama seperti memasak nasi, yaitu tinggal tekan tombol cook . Bila tombol sudah berpindah, Kita bisa melihat apakah kue sudah matang atau belum dengan melakukan tes tusuk. Bila belum matang, tekan tombol cook lagi hingga kue matang.

3. Panci kukusan

Panci kukusan ini hampir selalu ada di setiap rumah. Selain untuk mengukus, panci kukusan juga bisa dijadikan pengganti oven. Cara penggunaanya sama dengan cara mengukus hanya saja panci kukusan nggak perlu ditambah air. Selain itu, gunakan api yang kecil agar panas bisa merata dan kue bisa matang dengan baik.

4. Baking pan kompor

Bila kita familiar dengan kue bolu yang besar dengan lubang ditengahnya, kita pasti tau dengan baking pan kompor. Alat yang satu ini memang dibuat khusus untuk memanggang kue langsung dari kompor. Bakin pan biasanya dilengkapi dengan semacam besi agar baking pan tidak langsung menyentuh api kompor dan panasnya merata.

Lion Haloho