Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ratatouille, sajian sayur khas Perancis yang berasal dari wilayah Nice. Makanan ini mulai dikenal melalui film animasi yang memiliki judul sama.

ENDEUSiast pasti sudah pernah menonton film ratatouille kan? Ya, film animasi bertemakan tikus yang suka memasak ini mengambil latar belakang kota Perancis. Sesuai dengan nama dan setting tempatnya, ternyata memang ada sajian khas Perancis yang bernama ratatouille. HIdangan sayur ini berasal dari daerah Nice. Isian dari hidangan ini terdiri dari beragam aneka sayuran yang disajikan bersama dengan kentang, nasi atau roti khas Perancis.

Pada awalnya makanan ini banyak dikonsumsi oleh petani miskin di daerah Nice untuk disajikan pada musim panas dengan menggunakan bahan sayuran yang tumbuh di musim panas.

Ratatouille yang asli menggunakan zucchini atau courgette yang merupakan sayuran semacam timun, tomat, bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai hijau. Tidak ada tambahan terong pada sajian ini. Tetapi, bila ENDEUSiast mencicipi ratatouille dengan modisikasi terkini ada yang menggunakan terong.

Ratatouille menjadi makanan khas Perancis yang menggunakan bahan aneka sayur-sayuran. Maka tidak heran bila masakan ini dijuluki sebagai makanan khusus vegetarian. Sekalipun bahan utamanya di dominasi oleh sayur-sayuran, tetapi soal rasa tidak kalah lezat dengan masakan Perancis yang terbuat dari bahan olahan seafood, ayam maupun daging. Hidangan ini terbilang sangat menyehatkan karena terbebas dari kolestrol tinggi.

Disajikan dengan cara yang unik serta tampilan warnanya yang meriah maka tidak heran bila banyak wisatawan yang tertarik untuk mencicipinya. Untuk penyajiannya, ratatouille bisa disantap sebagai makanan utama dengan tambahan ikan atau udang berukuran besar dan bisa juga dijadikan sebagai makanan penutup. ENDEUSiast bisa menyantapnya kapan saja baik dalam keadaan cuaca panas maupun dingin.

Keunikan lainnya dari hidangan vegetarian khas Perancis ini adalah bahan yang digunakan cukup sederhana. Semua aneka sayuran yang telah disiapkan kemudian dicampur jadi satu lalu ditumis hingga matang. Memasak ratatouille tidaklah sulit. Setiap sayuran direbus secara terpisah hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Barulah masukkan bawang merah, bawang putih, tomat, dan juga terong (bila ENDEUSiast ingin memakai terong) dan yang terakhir masukkan timun. Bila ingin pedas, ENDEUSiast bisa menggunakan beberapa iris cabai atau bubuk lada pedas.

Untuk cara memasaknya sebenarnya sama saja, yang membedakan hanya cara penyajiannya. Ratatouille bisa disajikan bersama dengan sup atau salad yang ditambahkan dengan parutan keju. ENDEUSiast bisa menentukannya sendiri sesuai selera.

Itulah informasi tentang Ratatouille khas Perancis. Bagi ENDEUSiast yang vegetarian cocok untuk mengkonsumsi kuliner khas Perancis yang satu ini. Masakan lainnya yang terbuat dari sayur juga bisa ENDEUSiast lihat di sini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.