Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Oven menjadi salah satu alat masak yang mungkin ada di rumah. Ketahui fakta menarik seputarnya untuk memaksimalkan kinerja oven di rumah kita.

Oven menjadi salah satu alat masak yang nampaknya wajib dimiliki. Keberadaan oven biasanya digunakan untuk memanggang bahan masakan. Selain itu, oven juga digunakan untuk membuat kue seperti nastar cokelat . Banyak sekali manfaat oven di dapur, tapi tahukan Endeusiast bahwa oven memiliki rahasia tersembunyi?

Mari kita cari tau apa aja sih rahasia di balik oven yang harus kita tau.

1. Kebanyakan oven nggak memiliki suhu yang tepat

Kebanyakan oven, bahkan oven termahal sekali pun memberikan pembacaan suhu yang tidak akurat dari waktu ke waktu. Namun, kita nggak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diperbaiki. Jika memang nggak mau memanggil tukang servis, kita bisa mengatasinya dengan membeli termometer untuk melihat suhu yang benar-benar akurat.

2. Oven alat masak yang lambat

Memasak menggunakan oven membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan kompor. Coba saja saat kita memanggang tomat, maka akan dibutuhkan waktu lebih lama dibanding menggunakan kompor.

3. Bagian terpanas pada oven adalah di bagian atas

Bagi kita mungkin hal ini bukanlah hal yang mengejutkan karena panas memang cenderung naik. Namun, penggunaan oven juga bisa menggunakan sistem bolak balik seperti wajan, sehingga loyang bisa saja ditukar agar adonan kue mendapat panas yang merata. Perhatikan posisi rak oven terbaik untuk memanggang kue.

4. Knop oven paling kotor

Tentu saja jika ditanya, “Pada oven, bagian mana yang sering tersentuh?” Jawabannya adalah pada knop. Sering kali digunakan untuk membuka dan menutup oven. Nggak hanya satu orang aja yang menggunakan oven, karena siapa pun orang di rumah bisa menggunakannya. Inilah bagian yang rawan kotor dan penuh kuman. Untuk itu, rutinlah membersihkan tombol menggunakan desinfektan atau air sabun.

5. Oven bisa digunakan untuk membersihkan peralatan masak

Jika kita memiliki wajan dan pan pizza dengan kotoran minyak yang sulit dibersihkan, maka saatnya menggunakan oven untuk membersihkannya. Residu lengket itu sebenarnya adalah minyak yang menempel dan untuk membersihkannya, kita bisa memanggangnya pada suhu 450 derajat selama satu jam.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya