Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Salad buah merupakan makanan yang banyak digemari masyarakat. Intip beberapa tips agar salad buah bisa bertahan lama dan kesegarannya tetap terjaga!

Salad buah belakangan ini sedang hits. Di jalan atau di festival-festival makanan sering terdapat stand yang berjualan salad buah. Salad buah memiliki cita rasa yang manis, segar dan sedikit asam. Membuat salad buah tidak semudah yang dipikiran. Mungkin yang terlintas dalam pikiran kita bahwa membuat salad buah itu tinggal memotong-motong buah lalu mencampurkannya dengan bahan-bahan untuk membuat saus salad buah.

Jika kita asal membuat salad buah, maka salad buah tidak akan tahan lama dan tidak segar. Terkadang saat kita memakan salad buah, kita tidak langsung habis memakannya dan disimpan untuk dimakan kembali. Akan tetapi jika tidak langsung dihabiskan, buah akan berubah warna menjadi kecokelatan. Akan tetapi sekarang ENDEUSiast tidak perlu khawatir lagi karena ENDEUSiast bisa melakukan tips-tips di bawah ini supaya salad buah bisa tahan lama.

1/ Merendam buah di dalam air

Apel, pir dan beberapa buah lainnya yang mudah berubah warna jika terkena udara. Oleh sebab itu potong buah tersebut dan rendam menggunakan air dingin. Setelah itu tiriskan jika ingin disajikan. Hal tersebut akan mencegah buah teroksidasi dengan udara.

2/ Simpan buah pada zip lock atau cling warp

Selain merendam buah menggunakan air dingin, untuk mencegah supaya buah tidak berubah warna adalah dengan menyimpan buah pada zip lock atau cling warp. Pertama kupas buah lalu potong buah. Potongan buah lalu dimasukan ke dalam zip lock atau cling warp yang kedap udara.

Seperti yang ita tahu bahwa udara merupakan penyebab buah berwarna kecokelatan atau terlihat sudah tidak segar lagi karena teroksidasi dengan udara. Jika ENDEUSiast ingin menyajikan buah untuk dibuat salad maka ENDEUSiast tingga membuka zip lock dan cling warp. Menyimpan potongan buah dalam zip lock atau cling warp juga berfungsi menghindarkan buah dari bakteri yang berasal dari lingkungan sekitar.

3/ Gunakan air perasan jeruk lemon

Air perasan jeruk lemon berfungsi untuk menghambat oksidasi supaya buah tidak bewarna kecokelatan jika terkena udara. Caranya mudah cukup mudah peras jeruk lemon lalu campurkan pada potongan buah dan masukan ke dalam kulkas. Simpan potongan buah tersebut hingga potongan buah digunakan untuk membuat salad. Sebelum digunakan untuk membuat salad, bilas dahulu buah dengan air untuk menghilangkan rasa asamnya.

4/Pisahkan dressing

Sebaiknya jangan campur dressing salad dengan buah. Beberapa jenis dressing untuk salad buah mengandung gula yang dapat menyebabkan buah menjadi lebih berair dan tidak segar. Campur buah dengan dressing saat akan menyajikan saja.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.