Rahasia Bumbu Soto Gurih untuk Piknik Bersama Anak
Rahasia Bumbu Soto Gurih untuk Piknik Bersama Anak

Bumbu soto dengan kuah santan gurih memang sangat menggugah selera. Apalagi bila menu tersebut dijadikan hidangan saat piknik bersama anak.

Liburan bersama anak memang menjadi hal yang menyenangkan. Mengunjungi tempat rekreasi menarik menjadi pilihan yang tepat. Piknik diluar rumah lebih enak bila cuacanya tidak terlalu panas dan ketika sore harinya sangat nikmat bila menyantap semangkuk soto dengan kuah santan gurih yang dipadu dengan suwiran ayam dan nasi hangat.

Rahasia kelezatan dari soto sebenarnya terletak pada penggunaan bumbu pada kuahnya. Untuk menghasilkan kuah yang gurih maka ENDEUSiast bisa menggunakan santan cair. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan bila ingin membuat soto dengan kuah kaldu gurih yang lezat.

1/ Kaldu

Kaldu menjadi salah satu kunci dalam proses pembuatan soto. Bila salah dalam mengolah kaldu maka sotonya tidak akan enak. Kaldu yang enak terletak pada pemilihan jenis ayamnya. Bila ingin mendapatkan kuah kaldu yang gurih maka pilihlah jenis ayam kampung bagian sayap atau tulangnya. Jenis ayam kampung bisa memberikan rasa kaldu ayam yang lezat.

Cara membuatnya cukup mudah. Potong ayam kampung menjadi 4 bagian, masukkan juga ceker ayamnya agar kaldunya lebih pekat. Ayam yang sudah dipotong tadi dimasukkan kedalam air mendidih. Rebus sebentar lalu angkat. Buang air rebusan tersebut dan ganti menjadi air rebusan yang baru lalu masukkan lagi potongan ayam dan rebus hingga empuk tetapi jangan sampai hancur. Cara ini bisa ENDEUSiast terapkan juga untuk menu makanan lain seperti bakso urat kuah kaldu .

2/ Santan

Selain kaldu, santan juga sangat penting untuk menciptakan rasa kuah kaldu soto yang gurih. Gunakanlah santan yang masih segar karena rasanya lebih gurih dan manis alami. ENDEUSiast bisa membelinya di pasar tradisional. Santan sebaiknya langsung diolah agar citra rasa gurih dan manisnya tidak hilang. Bila ingin mengurangi penggunaan santan, ENDEUSiast bisa mencampurkannya dengan susu putih yang rendah lemak.

3/ Bumbu

Kuah soto tidak akan lezat bila tidak menggunakan bumbu soto. Bumbu yang digunakan bisa bumbu halus kuning yang terdiri dari kunyit, bawang putih, bawang merah dan kemiri. Tidak lupa untuk memberikan daun jeruk dan daun salam ke dalam masakan. tumis semua bumbu tersebut hingga harum dan terakhir masukkan bumbu matang ke dalam kaldu yang sudah tercampur santan.

Soto dengan kuah santan gurih pun siap disajikan. ENDEUSiast bisa menambahkan lauk pelengkap lainnya seperti tempe atau tahu sesuai dengan selera anak. Kegiatan piknik bersama anak menjadi seru dengan semangkuk soto kuah santan yang gurih dan lezat. Jadikan momen tersebut menjadi momen tak terlupakan bersama keluarga tercinta.

Endeustorial

Ikuti Instagram