Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Salad buah, makin segar jika dipadukan dengan yoghurt. ENDEUSiast wajib mengetahui macam-macam yoghurt yang bisa digunakan untuk membuat salad buah.

Yoghurt merupakan susu yang difermentasi dengan bantuan asam laktat, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus . Yoghurt biasanya menjadi pilihan untuk orang yang sedang diet. Yoghurt memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Karena yoghurt terbuat dari susu maka kandungan kalsiumnya tinggi sehingga bagus untuk tulang kita.

Yoghurt juga memiliki kandungan bakteri baik sehingga dapat memperlancar pencernaan kita. Saat ini yoghurt banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam makanan misalnya salad buah .

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa semua yoghurt sama, padahal tidak. Tingginya peminat yoghurt membuat banyak perusahaan yang memproduksi yoghurt. Selain mereknya yang beragam, jenis yoghurt juga beraneka ragam. Setiap jenis yoghurt memiliki ciri khas yang berbeda dan beragam manfaat. Berikut ini merupakan jenis-jenis yoghurt dan beberapa manfaatnya.

1/ Greek yoghurt

Greek yoghurt, merupakan yoghurt yang belakangan ini sedang naik daun, karena banyak yang beranggapan bahwa yoghurt ini memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan yoghurt lainnya. Greek yoghurt memiliki tekstur paling kental dan padat jika dibandingkan dengan yoghurt lainnya, karena proses pembuatannya harus melalui tiga kali penyaringan sedangkan yoghurt lainnya hanya melalui dua kali penyaringan.

Cairan dari greek yoghurt dibuang karena yang dipakai adalah bagian yang kental. Greek yoghurt hanya mengandung sedikit gula namun tinggi akan protein. Oleh sebab itu greek yoghurt cocok untuk orang yang sedang diet.

2/ Low-fat yoghurt

Jika mendengar kata low-fat yoghurt yang ada dipikirian kita pasti yoghurt ini rendah kalori akan tetapi yoghurt ini justru memiliki kalori yang tinggi karena kandungan gula yang tinggi. Yang benar adalah low-fat yoghurt mengandung lemak yang sedikit. Kandungan lemak yang sedikit membuat yoghurt memiliki rasa yang kurang manis sehingga perlu ditambahkan gula.

3/ Full-fat yoghurt

Banyak yang beranggapan bahwa full-fat yoghurt tidak baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Full-fat yoghurt memang mengandung lemak yang tinggi. Lemak tidak selalu buruk, ada beberapa lemak yang bermanfaat bagi tubuh.

Yoghurt full-fat mengandung lemak trans alami yang tidak berbahaya seperti lemak trans yang terdapat dalam olahan makanan. Mengkonsumsi full-fat yoghurt dapat mengurangi peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mengontrol tekanan darah, dan melawan kanker.

4/ Plain yoghurt

Plain yoghurt sangat cocok untuk ENDEUSiast yang sedang melakukan diet. Plain yoghurt tidak berasa dan tidak memiliki rasa manis karena tidak ada gula tambahan pada yoghurt ini. Rasanya yang plain sangat cocok dipadukan dengan aneka buah, baik yang manis ataupun asam.

5/ Yoghurt susu kambing atau domba

Yoghurt tidak hanya terbuat dari susu sapi saja, namun ada juga yang dibuat dari susu kambing atau domba. Yoghurt yang terbuat dari susu kambing atau domba cenderung memiliki kandungan gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan yoghurt yang terbuat dari susu sapi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.