Ragam Sate Seafood Lezat dan Mudah Dibuat
Ragam Sate Seafood Lezat dan Mudah Dibuat

Bosan dengan sate berbahan dasar daging ayam, sapi, atau kambing? Coba saja varian sate dengan menggunakan seafood berikut.

Seafood tidak hanya lezat dimasak dengan berbagai macam saus namun juga bisa dibuat menjadi sate. Aneka sate seafood kini menjadi salah satu kuliner kekinian yang banyak digemari. Meskipun terdengar susah dibuat, sate seafood nyatanya sama mudahnya dengan membuat sate ayam atau sate kambing, Seafood yang digunakan harus segar agar rasa sate tidak amis dan tetap gurih. Berikut ini beberapa variasi sate seafood yang bisa ENDEUSiast buat sendiri di rumah.

1/ Sate Cumi-Cumi

Sate cumi adalah salah satu streetfood yang populer di Thailand. Makanan yang satu ini menggunakan cumi-cumi sebagai bahan utama. Sate cumi bisa dibuat dari cumi-cumi saja atau ditambahkan sosis dibagian tengahnya. Caranya adalah dengan mengiris cumi-cumi sebesar 1 cm dan kemudian bagian dalamnya isi dengan irisan sosis yang sama besar. Sate cumi ini dipanggang dengan olesan sambal kecap yang pedas dan gurih.

2/ Sate Udang

Sate udang adalah salah satu sate seafood yang paling populer. Makanan yang satu ini banyak ditemui di berbagai restoran dan rumah makan. Cara membuat sate udang ini juga mudah, ENDEUSiast bisa membersihkan udang dan kemudian tusuk dengan tusukan sate. Bumbu untuk sate udang juga tidak terlalu rumit, ENDEUSiast bisa menggunakan garam, lada, dan bawang putih saja. Ketika disajikan beri perasan jeruk nipis atau lemon agar rasanya semakin segar dan gurih.

3/ Sate Ikan

Sate ikan juga bisa menjadi salah satu variasi sate seafood. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tuna atau ikan dengan daging yang padat. Agar lebih mudah, gunakan fillet ikan dan potong dengan ukuran yang kecil. Bumbu sate ikan tuna dengan bumbu kecap dan panggang hingga matang. Setelah matang, ENDEUSiast bisa menyajikan sate ikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap pedas.

4/ Sate Gurita

Sekilas gurita dan cumi terlihat mirip, namun dua hewan ini berbeda. Di Bengkulu, sate gurita adalah salah satu makanan yang favorit. Gurita yang digunakan untuk sate adalah gurita dengan ukuran sedang dan dibumbui dengan garam, margarin, dan jeruk nipis. Kemudian gurita diungkep dengan bawang putih dan bumbu lain. Setelah matang, gurita dipotong sebesar 2 cm dan ditusuk dengan tusuk sate. Sate gurita bisa dipanggang hingga bagian luar sedikit garing dan disajikan dengan sambal kacang.

5/ Sate Kerang

Sate kerang adalah salah satu varian sate seafood yang populer di daerah Surabaya dan sekitarnya. Berbeda dengan sate seafood lain, sate kerang tidak dimasak dengan cara dibakar. Daging kerang yang digunakan sebaiknya kerang dengan ukuran sedang hingga besar. Kemudian ungkep kerang dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis, dan sebagainya. Setelah kerang matang dan bumbu menyusut, tusuk kerang dengan tusukan sate. Sate kerang siap disajikan sebagai lauk pendamping.

Endeustorial

Ikuti Instagram