Sate merupakan kuliner legendaris khas Indonesia. Negara lain juga punya sajian serupa sate yang tak kalah nikmatnya. Yuk, kita simak.

Tidak ada yang dapat menolak kelezatan sate khas nusantara. Daerah-daerah di Indonesia memiliki menu sate yang berbeda-beda karena perbedaan proses pengolahan dan rempah-rempah yang digunakan. Mulai dari Sate Padang , Sate Madura, hingga Sate Lilit khas Bali yang lezat.

Akan tetapi, tidak hanya Indonesia yang memiliki sate yang nikmat, beberapa negara di bawah ini juga memiliki menu sate andalan.

1/ Korea Selatan – Dakkochi

Sate khas Korea Selatan ini memiliki keunikan karena penggunaan buah pir Asia berukuran bersar sebagai campuran bumbunya. Cita rasa manis pir ini membuat Dakkochi semakin nikmat. Bumbu gochujang digunakan sebagai dressing jajanan kaki lima ini. Biasanya, kimchi juga ditambahkan untuk melengkapi kelezatan Dakkochi.

2/ Jepang – Yakitori

Masakan ini biasa menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan sate di Indonesia, di dalam Yakitori terdapat juga campuran potongan tulang muda, paru, kulit, ampela, hati, dan juga jantung ayam. Jika memesan Yakitori, ENDEUSiast bisa memilih menggunakan saus kecap atau garam. Sajian ini biasanya juga ditambah bumbu ichimi togarashi, shicimi togarasi, atau sansho.

3/ Lebanon - Kafta

Dari Jepang, kita beralih ke Lebanon. Kafta adalah sajian sate khas Lebanon ini menggunakan daging domba muda sebagai bahan utamanya. Selain itu, Kafta juga bisa dibuat menggunakan daging sapi atau ayam dan diisi dengan bawang, presteli, remah roti, dan rempah-rempah. Makanan lezat ini disajikan bersama dengan saus istimewa.

4/ Turki – Kebab

Tentu ENDEUSiast sudah pernah dengar bahkan mencicipi Kebab. Sama seperti Kafta, Kebab juga menggunakan daging domba atau sapi sebagai bahan utamanya. Awalnya, makanan cepat saji ini dihidangkan dengan cara ditusuk dan dipanggang seperti sate. Akan tetapi, kini kebab memiliki cara menyajian yang berbeda. Salah satunya adalah dengan menggunakan kulit roti tortilla yang sering kita temui di Indonesia.

5/ Nigeria- Suya

Sajian khas Nigeria ini telah termasyur di negara-negara di Afrika. Bahan utama yang umum digunakan adalah daging sapi. Namun, Suya juga bisa dibuat dari ayam, kambing, dan ikan laut. Daging dipotong tipis-tipis kemudain ditusuk dengan kayu. Bumbu yang digunkaan untuk mengolah Suya adalah bawang merah dan bawang putih, jahe kering, serta paprika. Sajian ini memiliki cita rasa yang pedas.

6/ Yunani - Souvlaki

Yunani juga memiliki sajian seperti sate, lho. Namanya adalah Souvlaki atau dalam bentuk jamak disebut Souvlakia. Makanan ini terbuat dari potongan kecil daging babi atau ayam yang terkadang disertai sayuran. Daging dan sayuran ditusuk dan dipanggang. Kini, Souvlaki juga bisa dibuat dari seafood seperti udang atau ikan pedang.

7/ Mexico - Banderillas

Mexico juga memiliki sajian serupa sate bernama Banderillas. Sajian ini dibuat dari potongan daging ayam dan sapi. Selain itu, Banderillas juga bisa dibuat dari ikan laut, telur burung puyuh yang direbus, dan udang. Daging-daging tersebut ditusuk menggunakan stick yang terbuat dari metal dan ditambah dengan sayuran dan buah. Saat dihidangkan, Banderillas ditemani roti atau crackers dan saus.

Nah, dari tujuh sate dari berbagai negara di dunia di atas, mana nih yang ingin ENDEUSiast coba?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.