Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Presto merupakan teknik memasak populer untuk menghasilkan daging yang empuk. Beberapa makanan populer berikut ternyata diolah dengan cara presto.

Makanan yang dimasak dengan cara presto menghasilkan makanan dengan tekstur yang empuk dan lembut. Banyak orang yang tidak menyukai makanan dengan tekstur keras atau alot terlebih orang tua dan anak-anak. Memang ada beberapa makanan yang mempunyai tekstur keras ataupun banyak duri sehingga sangat menyulitkan ketika dimakan.

Bila tidak menggunakan presto, makanan tersebut harus dimasak dalam waktu yang lama untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dimasak dengan cara presto.

1/ Bandeng

Bandeng adalah salah satu ikan dengan duri yang banyak. Meskipun rasanya lezat, namun duri yang banyak hingga ke dalam daging ikan membuat banyak orang susah mengkonsumsi ikan yang satu ini. Sehingga bandeng banyak diolah dengan cara dipresto sehingga durinya menjadi empuk. Bandeng presto juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang. Duri bandeng yang sudah diolah dengan cara presto akan menjadi lunak sehingga aman bila langsung dimakan.

2/ Nangka muda

Siapa bilang hanya daging atau ikan yang bisa dimasak dengan cara presto, ENDEUSiast juga bisa memasak nangka muda dengan presto. Nangka mudah membutuhkan waktu yang lama untuk merebus agar teksturnya bisa lembut dan bumbu meresap. ENDEUSiast bisa mengakalinya dengan menggunakan panci presto. Nangka muda yang dimasak dengan cara presto membutuhkan waktu yang lebih singkat. ENDEUSiast bisa merebus nangka muda dengan bumbu-bumbu agar nantinya makanan menjadi lebih meresap.

3/ Ayam kampung

Ayam kampung memang terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan sedikit alot. Makanan dengan bahan ayam kampung memang harus dimasak dalam waktu yang lama agar teksturnya bisa empuk dan lembut. Agar waktu memasak lebih singkat, ENDEUSiast bisa memasak ayam kampung dengan presto selama 30 menit hingga 1 jam tergantung dengan ayam kampungnya. ENDEUSiast bisa memasak ayam kampung dalam presto bersama dengan bumbu-bumbu agar bisa meresap ke dalam daging ayam.

4/ Daging sapi

Selain ayam kampung, daging sapi juga bisa dimasak dengan menggunakan panci presto. Daging sapi memang terkenal mempunyai tekstur yang alot dan butuh waktu lama agar bisa empuk. Selain daging ayam, ENDEUSiast bisa memasak iga sapi, buntut, hingga tulang sapi dengan cara yang sama agar lebih cepat empuk.

5/ Lontong dan ketupat

Lontong dan ketupat adalah dua makanan yang membutuhkan waktu yang lama untuk merebusnya. Agar waktu merebus lebih singkat, ENDEUSiast bisa menggunakan presto untuk merebus lontong dan ketupat. Cara merebus lontong dan ketupat dengan presto sama dengan makanan lain namun waktu merebusnya saja yang menjadi lebih singkat. Selain itu tidak ada perbedaan tekstur antara lontong atau ketupat yang dimasak dengan cara manual atau pun dengan presto.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.