Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Dari satu adonan mampu menghasilkan 10 sajian berbeda

"

Pâte à choux merupakan nama dari adonan dasar untuk pembuatan kulit dari kue sus. Dari adonan dasar tersebut sebenarnya banyak sajian yang bisa dibuat, mulai dari sajian manis hingga gurih. Simak beberapa jenisnya berikut. Siapa tahu bisa jadi ide untuk libur akhir tahun nanti.

1. Cream puff

Dikenal juga dengan nama Profiteroles , Choux à la Crème , atau Kue Sus. Umumnya sajian ini berbentuk bulat dengan beragam ukuran. Di dalamnya diberukan isi berupa pastry cream , chantilly cream ( whipping cream kocok dengan sedikit gula), atau diplomat cream ( pastry cream dengan whipping cream kocok ), custard , hingga ice cream .

2. Éclair

Untuk membuat éclair , adonan Pâte à choux dibentuk memanjang. Pilihan isi di dalamnya sama dengan cream puff . Hanya saja éclair memiliki tahap akhir untuk mendekorasi bagian permukaan luarnya dengan cokelat leleh atau fondant .

3. Paris-Brest

Untuk sajian ini adonan Pâte à choux dibentuk melingkar hampir menyerupai donat dengan lubang di tengahnya. Sajian ini diciptakan di tahun 1910 oleh Louis Durand , sebagai sajian untuk memperingati acara perlombaan sepeda Paris-Brest-Paris .

4. Gâteau St. Honoré

Kerap disebut dengan nama St. Honoré Cake atau St. Honoratus Cake . Hidangan ini menggunakan puff pastry yang disemprotkan adonan Pâte à choux di tepiannya kemudian di panggang hingga matang. Setelahnya diberikan filling dan dihias dengan cream puff berukuran kecil di atasnya.

5. Croquembouches

Untuk membuat croquembouches , cream puff atau kue sus berukuran kecil disusun hingga membentuk kerucut. Karamel digunakan sebagai perekat agar susunannya kokoh. Di Italia dan Prancis, croquembouches kerap digunakan sebagai wedding cake .

6. Chouquette

Bentuknya menyerupai kue sus dengan ukuran lebih kecil. Yang membedakan, sesaat sebelum dipanggang chouquette ditaburi dengan pearl sugar . Cara menikmatinya juga cukup dicelup ke dalam cokelat leleh atau diisikan ice cream .

7. Craquelins

Sama seperti cream puff . Yang membedakan penampilan luarnya yang memiliki tekstur retak berkat penambahan adonan cookies .

8. Churros

Untuk membuat churros, adonan Pâte à choux digoreng hingga memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Siap disantap dengan cocolan saus coklat, karamel, atau strawberry.

9. Religieuse

Salah satu dessert khas Prancis yang menggunakan dua ukuran cream puff dan kemudian disusun. Cream puff biasanya dihias dengan mencelupkannya ke dalam chocolate ganache .

10. Gougères

Varian rasa gurih dari kue sus. Adonan Pâte à choux biasanya ditambahkan parutan keju gruyère , comté , dan emmental . Setelahnya diberikan isian gurih seperti ragout .

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.