Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Resep masakan Indonesia ada beraneka ragam jenisnya, akan tetapi resep masakan Indonesia apa sajakah yang wajib ada dalam HUT RI?

Ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia merupakan event yang selalu dirayakan masyarakat Indonesia. Banyak serangkaian acara yang diadakan mulai dari lomba pecah air, makan kerupuk, lomba menghias tumpeng, malam tirakatan sampai pesta. Pada saat peringatan 17 Agustus terdapat jenis-jenis makanan tradisional yang selalu hadir. Berikut ini adalah berbagai resep masakan Indonesia yang wajib ENDEUSiast coba untuk memperingati Hari Raya Kemerdekaan Indonesia.

1/ Tumpeng

Tumpeng merupakan salah satu hidangan makanan yang mengungkapkan rasa syukur sehingga slalu hadir pada saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Tumpeng merupakan nasi yang dibentuk menyerupai gunung. Tumpeng biasanya berwarna kuning. Warna kuning tumpeng berasal dari kunyit. Di sekitar tumpeng biasanya diberi lauk seperti kacang, telur dan daging.

2/ Telok Pindang

Telok pindang merupakan makanan tradisional yang berasal dari Sumatera. Telok pindang memiliki bahan dasar telur ayam. Telur ayam direbus dengan cara dipindang. Bumbu yang digunakan untuk membuat telok pindang yaitu daun jambu biji, daun salam, kulit bawang dan garam. Supaya bumbu-bumbu tersebut meresap ke dalam telur, saat telur direbus dan sudah 75% matang maka telur ditekan sampai kulit telur retak.

3/ Clorot

Clorot merupakan makanan tradisional yang berasal dari Pulau Jawa. Clorot terbuat dari tepung beras dengan santan, dibungkus dengan janur atau kelapa daun kelapa muda dalam bentuk kerucut. Cara memasak clorot yaitu dengan cara dikukus. Clorot memiliki rasa yang manis dan gurih.

4/ Bandros

Bandros merupakan kue tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Sekilas kue bandros terlihat seperti kue pukis karena kue bandros dicetak menggunakan cetakan kue pukis. Bahan dasar yang digunakan unuk membuat kue bandros yaitu tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Proses pemanggangan kue bandros menggunakan arang sehingga memiliki rasa yang unik. Beberapa orang bisanya memberi tambahan gula di permukaan kue bandros supaya terasa lebih manis. Kue bandros biasanya dimakan bersama kopi atau teh.

5/ Telok Ukan

Sama seperti telok pindang, telok ukan merupakan makanan tradisional Indonesia yang berbahan utama telur dan berasal dari Sumatra. Pembuatan telok ukan cukup rumit karena pertama-tama isi telur dikeluarkan namun jangan sampai cangkang telur pecah. Isi telur yang telah dikeluarkan lalu dicampur dengan berbagai bumbu kemudian dimasukan kembali ke dalam cangkang. Setelah itu, telur yang sudah diisi dikukus.

6/ Kohu-Kohu

Kohu-kohu merupakan makan tradisional yang berasal dari Maluku. Jika dilihat secara sekilas, kohu-kohu mirip dengan urap sayur yang berasal dari Pulau Jawa. Sebenarnya kohu-kohu juga merupakan urap sayur namun terdapat hal yang membedakannya yaitu adanya ikan seperti ikan teri, tongkol atau pindang.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.