Hati-hati memilih piring yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Jangan sampai salah memilih piring membuat terkena penyakit.

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah makan. Salah satu alat makan yang dibutuhkan ketika makan adalah piring. Oleh sebab itu, piring merupakan sebuah benda yang tidak mungkin lepas dari kehidupan kita. Pada saat ini banyak ragam piring yang dijual baik itu bentuk atau bahan dasar untuk membuatnya.

Mungkin bagi beberapa orang tidak terlalu mempedulikan piring yang mereka gunakan sehari-hari. Sebagian orang mungkin memilih untuk membeli piring karena bentuk atau motifnya yang lucu atau karena harganya pas di kantong. Tahukah ENDEUSiast bahwa piring yang digunakan sehari-sehari dapat mempengaruhi kesehatan? Penggunaan piring yang tidak tepat dapat menimbulkan penyakit jangka panjang seperti asma, bronkitis, bahkan kanker. Berikut ini jenis-jenis piring berdasarkan bahan pembuatnya supaya menjadi pertimbangan bagi ENDEUSiast untuk memilih piring yang akan digunakan dalam keseharian.

1. Piring Melamin

Piring melamin sering dipilih beberapa orang untuk dijadikan alas makan karena bentuknya yang lucu dan memiliki beraneka ragam warna. Piring yang terbuat dari melamin sebenarnya merupakan piring yang berbahaya bagi tubuh manusia. Pering ini mengandung zat formaldehida yang sangat berbahaya bagi tubuh jika diserap. Jika anda sudah terlanjur memilki piring melamin, ENDEUSiast tidak perlu membuang piring tersebut. Anda tetap bisa menggunakan piring melamin. Jangan menggunakan piring melamin untuk meletakan makan panas atau makanan yang baru saja digoreng seperti bakwan .

2. Piring Plastik

Piring plastik memiliki kelebihan yaitu tidak bisa pecah sehingga banyak yang menggunakan piring plastik. Bahkan ketika piring untuk anak yang sedang belajar makan pun menggunakan plastik. Sama seperti piring melamin, piring plastik memiliki beraneka warna sehingga banyak orang yang memilih menggunakan piring plastik. Sebaiknya sebelum ENDEUSiast menggunakan piring plastik, ENDEUSiast harus memastikan kandungan plastik tersebut. Beberapa plastik mengandung BPA (zat yang berfungsi untuk membuat plastik bening) yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

3. Piring Aluminium

Piring aluminium sering digunakan karena memiliki kelebihan yaitu warnanya yang mengkilap dan tahan lama. Sebaiknya ENDEUSiast menghindari penggunaan piring aluminium karena piring ini memiliki kandungan ion yang dapat merusak kesehatan otak bahkan menimbulkan penyakit Alzheimer.

4. Piring Keramik dan Kayu

Piring yang terbuat dari keramik atau kayu adalah piring yang paling sehat untuk digunakan sehari-hari. Piring keramik mungkin memiliki kelemahan yaitu harganya yang lebih mahal daripada piring plastik dan melamin serta mudah pecah. Akan tetapi, piring keramik dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Piring kayu memiliki kelebihan yaitu ringan, tidak mudah pecah dan harga terjangkau. Selain aman untuk kesehatan, piring keramik dan kayu merupakan piring yang ramah lingkungan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.