Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kopi di Indonesia tidak hanya disajikan di dalam gelas saja. Masyarakat Indonesia memiliki cara yang unik dalam menikmati kopi.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan hasil kopi. Beberapa kopi dari Indonesia bahkan mejadi kopi kesukaan masyarakat dari berbagai belahan dunia misalnya kopi gayo, kopi kintamani, kopi java ijen raung dan sebagainya. Kopi di Indonesia memiliki racikan kopi yang khas . Selain itu, Indonesia juga memiliki cara yang unik untuk menyajikan kopi.

1. Kopi Khop Aceh

Aceh merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Bahkan ada jenis kopi dari aceh yang sangat terkenal yaitu kopi gayo Aceh. Selain memiliki kopi yang terkenal, Aceh juga memiliki cara penyajian kopi yang unik untuk menikmati segelas kopi. Aceh memiliki kopi khop yaitu berupa kopi yang disajikan dengan cara membalikkan gelas pada piring kecil. Untuk meminum kopi ini ENDEUSiast harus menggunakan sedotan.

2. Kopi Takar Mandailing

Sumatera Utara merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia dan menghasilkan kopi yang cukup terkenal di masyarakat yaitu kopi Sidikalang. Banyak masyarakat sumatra utara yang menyukai kopi. Dalam penyajian kopi, masyarakat Sumatra Utara pun memiliki cara yang unik. Kopi takar Mandailing merupakan kopi yang disajikan dengan menggunakan tempurung atau batok kelapa yang dibentuk seperti cangkir beserta tatakannya dan kayu manis yang berfungsi sebagai sedotan. Rasa kopi ini juga unik karena gula yang digunakan untuk menyeduh kopi ini adalah gula aren.

3. Kopi Kawa Daun

Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daun tanaman kopi. Sehingga kopi kawa daun tidak berasal dari biji kopi. Kopi kawa daun berasal dari Minangkabau. Dalam penyajiannya, kopi kawa daun disajikan bukan di dalam gelas atau cangkir melainkan di sajikan ke dalam bathok kelapa. Bathok kelapa dipercaya mampu menambah aroma kopi dan menambah cita rasa earthy .

4. Kopi Kothok

Jika ENDEUSiast berlibur ke Cepu maka ENDEUSiast wajib mencoba kopi kothok. Jika belum mencoba kopi tersebut maka liburanmu akan terasa belum lengkap. Kopi kothok merupakan kopi yang berasal dari Cepu Blora, Jawa Tengah. Kopi kothok memiliki cita rasa yang enak karena dalam proses pembuatannya, kopi, gula dan air direbus secara bersama-sama. Dalam menyajikan kopi ini, biasanya kopi dalam gelas diisi penuh hingga di piring tempat meletakan gelas.

5. Kopi Joss

Beberapa dari ENDEUSiast mungkin pernah berkunjung ke Yogyakarta mungkin pernah mencoba kopi joss. Kopi joss merupakan kopi yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam penyajiannya, terdapat arang pada kopi ini. Arang yang masih membara diambil dari tungku lalu ditepuk-tepuk untuk menghilangkan debu setelah itu arang dimasukan ke dalam gelas yang telah berisi kopi. Saat arang dimasukan ke dalam kopi, terdengar bunyi joss. Oleh sebab itu, kopi ini diberi nama kopi joss.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.