Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Banyak pilihan pengganti nasi yang cocok bagi yang sedang menjalani diet. Di bawah ini beberapa alternatifnya!

Diet sering dipilih oleh sebagian masyarakat untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya adalah dengan nggak makan nasi. Berat badan yang berlebihan atau dengan nama lain obesitas sangat nggak baik loh karena dapat menimbulkan banyak penyakit. Selain itu, berat badan yang berlebihan juga membuat kita menjadi sulit untuk beraktivitas secara bebas.

Bagi yang mengalami permasalahan berat badan memang sebaiknya melakukan diet. Diet yang cukup populer saat ini adalah dengan membatasi asupan karbohidrat setiap harinya maksimal 150-200 gram.

Nasi putih sudah menjadi daftar asupan karbohidrat yang harus dihindari karena memiliki indeks glikemik yang tinggi. Maka dari itu diperlukan adanya makanan pengganti nasi. Sebenarnya ada banyak jenis makanan pengganti nasi buat kita yang sedang program diet untuk menurunkan berat badan.

Sebagai pengganti nasi, disarankan untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan berkarbohidrat kompleks akan membuat nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Berikut beberapa alternatif makanan pengganti nasi yang bisa kamu coba.

1. Nasi merah

Nasi putih adalah nasi yang paling umum kita konsumsi. Namun bagi yang sedang menjalani program diet sebaiknya gantilah nasi putih ke nasi merah. Warna dari beras merah terbilang cukup unik karena memiliki kandungan antosianin. Fungsi dari senyawa itu adalah untuk melindungi sel dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Dalam beras merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga akan membuat kita kenyang lebih cepat.

2. Nasi shirataki

Nasi shirataki berasal dari Negeri Sakura. Proses pembuatan beras shirataki adalah dengan mengambil pati yang berasal dari akar tanaman konnyaku . Bahkan nasi ini dijuluki sebagai miracle rice karena komposisi yang terkandung dalam beras tersebut hampir semua serat larut, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar dan membuat kita kenyang lebih lama.

Nasi shirataki sebenarnya udah ada sejak jaman dulu dan biasa dikonsumsi oleh wanita Jepang. Mereka percaya bahwa nasi yang nyaris kandungannya zero kalori dan gluten free ini dipercaya dapat membuat tubuh langsing. Rasanya yang gurih bisa disajikan dengan semua jenis makanan Asia

3. Ubi

Ubi memiliki pilihan jenis warna. Ada yang ungu dan kuning. Untuk yang sedang melakukan diet, bisa memilih ubi kuning karena memiliki banyak kandungan vitamin dan serat. Sangat tepat dijadikan sebagai pengganti nasi. Jika kamu kurang suka makan ubi secara langsung, bisa loh mengolahnya menjadi camilan yang sehat seperti snack ubi goreng .

4. Kentang

Selain ubi, Makanan pengganti nasi yang jadi favorit banyak orang adalah kentang. Di dalam kentang terdapat kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak dari beras putih. Untuk mendapatkan gizi yang cukup, kamu bisa makan kentang dengan menggunakan bumbu rendah kalori seperti minyak zaitun atau bawang putih.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya