Ragam Masakan Tempe Pedas yang Kekinian
Ragam Masakan Tempe Pedas yang Kekinian

Tempe merupakan makanan sejuta umat, karena disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan usia.

Tempe dapat diolah menjadi makanan kekinian yang pedas dan nikmat, lho. Berikut referensi menu tempe supaya masakanmu tidak itu-itu saja.

Tempe merupakan makanan sejuta umat, karena disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan usia. Ada banyak olahan tempe yang bisa dibuat, baik itu olahan modern maupun tradisional. Saat ini, ada olahan tempe yang kekinian. Beberapa masakan terebut terkenal karena memiliki rasa yang sangat pedas. Berikut ini masakan tempe pedas yang kekinian.

1/Seblak Tempe Keju

Seblak merupakan makanan khas Sunda khususnya Jawa Barat. Makanan ini merupakan makanan tradisional namun mendadak menjadi hits karena rasanya yang pedas. Saat ini jika ENDEUSiast ingin mencoba seblak, ENDEUSiast tidak perlu datang ke Jawa Barat, karena sudah banyak pedagang yang menjual seblak di hampir seluruh provinsi Indonesia. Karena tingginya peminat seblak, maka muncul lah berbagai kreasi seblak. Salah satunya adalah kreasi Seblak Tempe Keju.

Cara membuatnya sebenarnya sama dengan membuat seblak pada umumnya, hanya saja ditambah keju dan tempe. Tempe yang digunakan untuk membuat hidangan ini yaitu tempe yang dipotong dadu dan di rebus. Keju yang dipakai dalam membuat seblak tempe keju adalah keju mozzarella. Ketika seblak tempe keju sudah matang, keju mozzarella ditaruh di atas sajian. Hmmm, Endeus!

2/ Tempe Melet

Sudah bosan dengan masakan tempe ENDEUSiast yang biasa-biasa aja? Yuk, coba Tempe Melet! Pada dasarnya Tempe Melet merupakan tempe yang digoreng. Akan tetapi, tempe ini memiliki ciri khas yang unik. Biasanya tempe goreng lalu dinikmati bersama sambal yang dicocol. Tapi lain halnya dengan Tempe Melet, ENDEUSiast bisa menikmati tempe goreng dan sambal tanpa dicocol terlebih dahulu karena sambal sudah dimasukkan ke dalam tempe.

Sambal ditumis dengan beberapa bahan isian lalu, dimasukkan di tengah-tengah tempe. Akan tetapi jika ENDEUSiast ingin menambah rasa, ENDEUSiast bisa memakannya juga bersama dengan sambal kecap dengan irisan bawang merah dan cabai. Jika ENDEUSiast kesulitan mencari pedagang yang membuat makanan ini, ENDEUSiast bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Membuat Tempe Melet tidak sulit, kok. Selain itu, bahannya mudah ditemukan.s

3/ Keripik Tempe

Keripik biasanya terbuat dari singkong dan kentang. Kali ini, keripik ada yang terbuat dari tempe. Tempe yang digunakan untuk membuat keripik ini adalah tempe yang terbuat dari kacang kedelai. Untuk membuat keripik tempe tentunya tempe harus dipotong tipis supaya ketika digoreng tempe menjadi renyah dan mengeluarkan bunyi “kriuk” ketika dimakan.

Karena terbuat dari tempe, camilan yang satu ini pada dasarnya memiliki rasa yang gurih. Saat ini banyak orang-orang kreatif yang membuat berbagai inovasi pada keripik tempe. Varian rasa kripik tempe tidak hanya gurih saja, namun ada juga yang pedas. Beberapa penjual makanan menjual tempe yang diberi bubuk cabai.

Itulah olahan tempe kekinian yang memiliki cita rasa pedas. Dari ketiganya, mana yang paling ENDEUSiast suka?

Endeustorial

Ikuti Instagram