Ragam Jenis Tahu Jepang, Kenalan Yuk!
Ragam Jenis Tahu Jepang, Kenalan Yuk!

Ragam Jenis Tahu Jepang, Kenalan Yuk!

Tahu khas Jepang banyak variasi dan namanya juga berbeda tergantung cara pembuatan maupun tujuan pemakaian

Tahu adalah bagian penting dari masakan Jepang, dan ada banyak jenis yang dapat ditemukan. Berikut ini panduan tentang berbagai jenis tahu Jepang dan cara penggunaannya.

1/ Kinu

Kinu dalam bahasa Jepang berarti sutra. Memiliki kadar air yang tinggi karena tahu tidak ditekan. Air susu kedelai ditambahkan ketika masih panas, yang merupakan perbedaan dari jenis tahu lainnya.

Teksturnya halus dan sering dimakan seperti halnya di Jepang hanya dengan penambahan beberapa bumbu. Tahu kinu yang disajikan dingin disebut hiyayakko . Biasanya ditaburi jahe, serpihan ikan bonito, dan kecap.

2/Momen

Momen dalam bahasa Jepang diterjemahkan menjadi kapas dalam bahasa Inggris dan biasanya dikenal sebagai jenis tahu yang keras. Tahu ini lebih padat daripada kinu karena ditekan untuk mengekstraksi kadar air. Karena itu, tahu ini memiliki tekstur yang lebih kasar dan lebih kaya nutrisi daripada kinu.

Ini adalah pilihan tahu yang baik untuk segala jenis masakan yang melibatkan pengadukan. Dapat juga digunakan untuk membuat steak tahu dan juga biasanya digunakan untuk membuat tahu goreng.

3/Atsuage

Kata atsuage dalam bahasa Jepang adalah kombinasi dari "tebal" dan "digoreng", maka jenis tahu ini dibuat dengan mengiris tebal momen . Hasilnya adalah tahu yang memiliki bagian dalam lunak dan lapisan luar tegas berwarna cokelat keemasan.

Karena digoreng tahu ini lebih kaya rasa, sehingga bisa digunakan untuk membuat hidangan yang lezat. Atsuage sering digunakan dalam sup dan sebagai bahan untuk nimono , yang merupakan semur gaya Jepang.

4/Aburaage

Aburaage artinya digoreng dalam minyak, jadi tahu jenis ini digoreng garing. Perbedaannya dengan Atsuage adalah irisannya lebih tipis dan digoreng lebih lama. Bagian dalamnya kosong sehingga terkadang diisi dengan nasi sushi yaitu Inarizushi.

5/Yudofu

Yudofu berarti tahu dalam air panas, dan umumnya mengacu pada tahu yang direbus dalam sup gurih sederhana. Secara tradisional sup dibuat dengan rumput laut kombu . Untuk memberikan rasa ekstra, biasanya ditambahkan yuzu salah satu jenis jeruk yang sedikit asam khas Jepang. Yuzu menjadi bahan dasar untuk saus ponzu dan kecap asin Jepang.

6/Yuba

Yuba dalam bahasa Jepang adalah kombinasi dari kata "air panas" dan "daun". Yuba juga disebut kulit tahu. Mengacu pada proses pembuatannya, yang terdiri dari merebus air susu kedelai hingga lapisan tipis kulit terbentuk di atas cairan. Yuba sering digulung menjadi potongan-potongan tebal dan dimakan untuk suimono atau sup gaya Jepang.

7/Goma Dofu

Goma dofu secara harfiah berarti tahu wijen, dan tidak seperti semua jenis tahu yang ada di sini, ini adalah satu-satunya yang tidak terbuat dari kedelai. Bahan baku yang digunakan untuk membuat goma dofu adalah bubuk biji wijen yang dicampur dengan tepung garut.

Endeustorial

Ikuti Instagram