Ragam Masakan Ayam Panggang Nusantara yang Menggugah Selera
Ragam Masakan Ayam Panggang Nusantara yang Menggugah Selera

Masakan ayam panggang khas nusantara yang endeus

Ada banyak variasi masakan ayam panggang dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Semuanya dijamin endeus! Apa saja?

Masakan yang dipanggang memang mempunyai tempat khusus dihati para penggemar kuliner termasuk ayam panggang. Ayam panggang adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia.

Ada banyak variasi masakan ayam panggang dari berbagai daerah dengan ciri khas masing-masing. Berikut ini beberapa masakan serba ayam panggang khas nusantara yang menggugah selera.

1.

Ayam Taliwang

Ayam bakar taliwang adalah salah satu masakan panggang yang sempat populer beberapa waktu lalu. Ayam bakar yang satu ini berasal dari Lombok dan digemari karena rasa yang pedas.

Bumbu ayam taliwang ini memang menggunakan kombinasi bumbu dengan cabai rawit dan cabai keriting serta kencur sehingga rasanya menjadi pedas dengan tampilan warna merah. Daging ayam yang sudah dibumbui kemudian dipanggang hingga matang dan disajikan dengan plecing kangkung khas Lombok.

1.

Ayam Bakar Padang

Ayam bakar Padang adalah salah satu masakan yang dipercaya sebagai indicator kelezatan dari restoran Padang. Ayam bakar yang satu ini kaya dengam bumbu dan rempah-rempah.

Sebelum dipanggang, ayam dimasak terlebih dahulu dalam bumbu kuning dan santan hingga kuahnya mengental. Selain bumbu kuning, ayam bakar ini juga menggunakan rempah-rempah lain seperti asam kandis, serai, dan rempah daun aromatic.

1.

Ayam Bekakak

Ayam bekakak adalah salah satu masakan daging ayam panggang yang populer di Sunda. Masakan yang satu ini menggunakan satu ekor ayam utuh dengan posisi telentang. Biasanya ayam bekakak ini disajikan ketika ada acara hajatan atau selamatan dan menjadi simbol sedekah bagi pemilik hajat.

Kunci kelezatan ayam bekakak ini terletak pada bumbunya yaitu santan dan bumbu lain. Sebelum dipanggang, ayam diungkep terlebih dahulu dalam bumbu dan rempah-rempah.

1.

Ayam Bakar Solo

Ayam bakar Solo adalah salah satu masakan daging ayam panggang yang juga populer. Masakan yang satu ini mempunyai citarasa manis dan gurih. Selain itu, tampilan ayam bakar ini juga terlihat mengkilap dibagian luar dan tampak sangat menggugah selera.

Salah satu kunci kelezetan ayam bakar Solo terletak pada pengguaan air kelapa dan kecap sebagai bahan ungkepan. Ayam yang digunakan untuk ayam bakar ini juga sebaiknya ayam kampung agar rasanya semakin lezat dan gurih.

1.

Ayam Paniki

Dari Manado, ada salah satu masakan daging ayam populer yaitu ayam paniki. Masakan yang satu ini terkenal dengan citarasa pedas menyengat dan juga gurih. Bumbu yang digunakan adalah cabai, bawang merah, terasi, dan santan.

Daging diungkep terlebih dahulu sebelum dipanggang agar bumbu semakin meresap. Selain daging ayam, bumbu paniki juga bisa digunakan untuk daging bebek dan daging sapi.

Dari lima masakan ayam panggang di atas, mana nih yang sudah pernah ENDEUSiast coba?

Endeustorial

Ikuti Instagram