Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Eropa memiliki bumbu khas di setiap hidangannya namun tentunya berbeda dengan bumbu Indonesia. Yuk cari tahu apa saja bumbu jhas Eropa!

Indonesia terkenal dengan bumbu dan rempah-rempahnya yang berlimpah. Tetapi tahukah ENDEUSiast bahwa masakan Eropa juga menggunakan bumbu yang khas? Tidak bisa dipungkiri bahwa bumbu menjadi faktor utama dalam menentukan kelezatan disetiap masakan.

Pada masakan Eropa biasanya tidak terlalu banyak menggunakan bumbu, sehingga rasa dan aromanya tidak begitu tajam. Agar ENDEUSiast tidak salah pilih dalam menentukan bumbu untuk masakan Eropa, mari simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Rosemary

Rosemary memiliki aroma yang sangat khas. Bila ingin menghilangkan bau amis pada daging ikan dan daging kambing ENDEUSiast bisa menggunakan rosemary secukupnya, karena sekalipun menggunakan sedikit saja aromanya sudah sangat kuat. Aroma yang wangi dan khas dari rosemary ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu pada hidangan kalkun, bebek , ikan, ayam hingga daging panggang.

2/ Bay Leaf

Bay leaf atau dalam bahasa Indonesianya adalah daun bay ini sering digunakan dalam bumbu masakan Eropa maupun masakan Timur Tengah. Sama seperti rosemary, daun bay juga bisa digunakan dalam keadaan utuh atau sudah menjadi bubuk. Beberapa masakan Eropa yang banyak menggunakan daun bay diantaranya adalah hidangan sup, seafood, daging panggang maupun unggas.

Selain itu daun bay juga bisa digunakan untuk memberikan aroma pada masakan. Bila ingin dicampurkan pada masakan, maka cukup tambahkan sekitar 2 atau 3 lembar daun bay atau bila menggunakan yang bubuk cukup berikan satu sendok teh saja.

3/ Daun Mint

Ciri khas dari daun mint adalah aromanya yang harum dan terdapat sensasi yang menyegarkan ketika kita memakanannya. Aroma wangi dan dingin pada daun mint dikarenakan didalamnya terdapat kandungan senyawa mentol. Umumnya, daun mint digunakan untuk hidangan salad atau juga untuk minuman dingin hingga pengharum teh. Jadi pada saat ENDEUSiast hendak membuat teh, bisa menambahkan beberapa daun mint kedalamnya.

4/ Parsley

Daun parsley menjadi salah satu jenis bumbu masakan khas negara Eropa. Tidak seperti aroma daun mint yang menyengat, daun parsley aromanya justru lebih ringan. Daun parsley banyak digunakan sebagai hiasan makanan, bisa juga dijadikan untuk sayuran pada salad maupun hidangan khas Eropa lainnya.

5/ Bawang Bombay

Bumbu yang satu ini menjadi bumbu dasar di setiap masakan khas Eropa. Bawang yang memiliki ukuran yang besar diantara jenis bawang lainnya ini memiliki 2 varian warna, yaitu merah dan putih. Aromanya yang wangi dan ringan ini memang sangat cocok bagi karakter masakan Eropa.

Demikianlah informasi mengenai ragam bumbu masakan khas Eropa, semoga bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.