Ragam Alat Pemanggang Daging Wajib Tahu
Ragam Alat Pemanggang Daging Wajib Tahu

Selain menggunakan bara api, proses memasak grilling bisa juga menggunakan beberapa alat seperti berikut ini. Yuk, langsung simak.

Daging panggang adalah salah satu cara memasak yang paling banyak dilakukan. Cara memasak ini membuat rasa daging menjadi lebih gurih. Ada banyak olahan daging panggang seperti sate , steak, kebab, dan sebagainya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kelezatan daging panggang adalah alat pemanggang yang digunakan. Alat pemanggang daging sudah banyak berkembang dan tersedia dalam berbagai jenis. Setiap jenis daging panggang membutuhkan alat pemanggang yang berbeda-beda. Agar tidak salah memilih, berikut ini beberapa macam alat pemanggang daging yang populer.

1/ Pan Grill

Pan grill adalah salah satu metode memanggang daging yang sangat sederhana. Alat yang digunakan adalah wajan datar, biasanya terbuat dari besi baja atau cast iron dengan bagian bawah bergelombang. Hal ini mencegah daging panggang lebih cepat gosong dan panas menjadi lebih merata. Pan grill ini cocok untuk memanggang daging jenis T-bone dan sejenisnya. ENDEUSiast hanya perlu mengolesi wajan dengan sedikit mentega sebelum memanggang daging.

2/ Pemanggang Arang

Pemanggang arang adalah salah satu jenis alat pemanggang daging yang paling populer di Indonesia. Alat pemanggang ini lebih murah, mudah didapat dan digunakan. Daging yang dimasak di atas pemanggang arang dipercaya mempunyai rasa yang lebih sedap karena ada aroma smokey. Ukuran pemanggang arang tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari ukuran besar hingga kecil. Daging yang dipanggang dengan arang biasanya membutuhkan waktu pemanggangan yang lebih lama.

3/ Pemanggang Elektrik

Pemanggang elektrik adalah salah satu alat pemanggang yang bisa digunakan di dalam ruangan. Alat pemanggang ini menggunakan listrik sebagai pemanas sehingga tidak berantakan. Selain tidak berantakan, pemanggang elektrik ini juga mudah dibawa kemana saja alias portable. ENDEUSiast bisa menggunakan pemanggang elektrik untuk memegang berbagai jenis daging seperti steak, sosis, hingga sayuran.

4/ Pemanggang Gas

Pemanggang gas mempunyai prinsip yang mirip dengan alat pemanggang listrik hanya saja bahan pemanggang yang digunakan adalah gas. Alat pemanggang ini biasanya berbentuk persegi panjang dengan bilah-bilah pipa untuk memanggang daging. Alat pemanggang gas ini juga bisa digunakan untuk memanggang sate, seafood, ikan, sayuran, daging, dan sebagainya. Kelebihan alat pemanggang gas ini adalah tidak berantakan dan mudah digunakan.

5/ Pemanggang Batu

Pemanggang batu mempunyai prinsip yang mirip dengan hotplate hanya saja menggunakan bahan batu sebagai medianya. Pemanggang ini biasanya berbentuk seperti nampan dengan permukaan terbuat dari batu. Pemanggang batu ini kemudian dipanaskan di atas kompor dan bila sudah panas bisa digunakan untuk memanggang daging.

Meskipun tidak terlalu populer, pemanggang batu ini banyak digunakan untuk memasak daging panggang khas oriental. Pemanggang batu ini mempunyai panas yang stabil karena batu yang digunakan adalah jenis batu khusus.

Helen Christianti