Ikan rupanya tidak hanya bisa digoreng atau dibakar saja. Ikan juga bisa dibuat abon untuk pelengkap tumpeng.

Tumpeng merupakan salah satu hidangan yang mengungkapkan rasa syukur sehingga sering dibuat untuk hari istimewa seperti ulang tahun maupun hari kemerdekaan. Salah satu lauk atau pelengkap tumpeng adalah abon. Sebagian besar orang mengira bahwa abon hanya terbuat dari daging sapi dan ayam. Kini banyak terbuat dari beragam ikan. Ikan apa saja yang dapat diolah menjadi abon? Berikut ini jenis-jenis ikan yang dapat diolah menjadi abon.

1/ Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia karena memiliki kandungan gizi yang banyak diantaranya protein, vitamin B, fosfor dan asam omega 3. Selain memiliki kandungan gizi yang banyak, lele mudah ditemukan dipasar dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Lele mudah ditemukan di pasar karena budidayanya relatif mudah. Periode budidaya lele singkat yaitu sekitar 2-3 minggu dan lele memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jika dibandingkan dengan ikan laut ikan lele lebih sulit diolah menjadi abon karena memiliki kandungan air yang lebih banyak di dalam dagingnya.

2/ Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang populer di Indonesia karena memiliki kandungan gizi yang banyak. Ikan tuna mengandung kalium, kalsium, fosfor, omega 3, omega 6 dan omega 12. Ikan tuna memiliki tekstur daging yang lembut dan aroma khas jika di masak sehingga cocok untuk dibuat abon. Daging ikan tuna jika dibuat menjadi abon akan memiliki masa simpan yang relatif lebih lama dibandingkan abon ikan lele.

3/ Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri memiliki tekstur daging yang lembut namun tidak kenyal, dan aroma yang khas sehingga sering diolah menjadi berbagai macam makanan seperti otak-otak , bakso, empek-empek dan abon. Tenggiri memiliki kandungan protein, vitamin A, B1 dan C, zat besi serta kalsium yang sangat berguna bagi tubuh. Rasa ikan tenggiri yang enak dan kandungan gizinya yang banyak membuat harga ikan tenggiri cukup mahal. Akan tetapi ketersediaan ikan tenggiri di Indonesia cukup banyak sehingga jika ENDEUsiast ingin membuat abon dari ikan tenggiri tidak perlu ragu akan susah mencarinya.

4/ Ikan Nila

Ikan nila merupakan salah satu ikan yang mudah ditemukan di pasar karena memiliki daya tahan yang lama sehingga mudah dibudidayakan. Harga ikan nila cukup terjangkau seperti ikan lele. Ikan nila memiliki berbagai kandungan gizi seperti kalium, sodium, protein dan karbohidrat. Daging nila yang empuk membuat nila dapat diolah menjadi abon. Akan tetapi pengolahan ikan nila menjadi abon cukup sulit dibanding ikan lain. Ikan nila memiliki duri yang lebih banyak dibanding ikan lele, tenggiri dan salmon. Oleh sebab itu jika ingin membuat abon ikan nila, pilihlah nila yang berukuran besar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.