Mie ayam dan mie yamien adalah dua makanan yang mirip. Banyak yang menganggap keduanya adalah makanan yang sama. Apa saja perbedaannya?

Mie ayam dikatakan sebagai kuliner enak yang murah karena bisa kita temukan dengan mudah pedagang mie ayam di pinggir jalan. Mie ayam bukan menjadi satu-satunya olahan mie tetapi ada juga jenis mie yamien. Keduanya sama-sama menggunakan bahan utama mie hanya saja terdapat perbedaan dengan ciri khas masing-masing. Kira-kira apa saja perbedaanya? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Penyajian

Untuk penyajiannya, mie ayam dan mie yamien memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Bila kita makan mie ayam biasanya disajikan dalam satu mangkuk penuh yang berisi kuah, mie, potongan ayam, sayuran, bakso, pangsit dan isian lainnya. Sekalipun hanya disajikan dalam 1 mangkuk, tidak mengurangi kelezatan pada mie ayam. Lebih lezat lagi dimakan ketika dalam keadaan panas dan ditambah saus, sambal dan kecap sebagai pelengkap rasa.

Mie yamien cara penyajiannya cukup berbeda dengan mie ayam. Bila mie ayam disajikan dalam satu mangkuk maka untuk mie yamien disajikan secara terpisah. Artinya, antara mangkuk mie dan kuah diletakkan pada mangkuk yang berbeda. Penyajiannya mirip seperti Chinese food, jadi ENDEUSiast bisa menuangkan sedikit demi sedikit kuah ke dalam mangkuk mie.

2/ Tekstur dan Bentuk

Membedakan antara mie ayam dan mie yamien bisa dengan mudah ENDEUSiast liat dari tekstur dan bentuknya. Mie ayam memiliki tekstur yang kenyal serta bentuknya yang tebal sedangkan mie yamien berukuran pipih dan lebih kecil dari mie ayam. Untuk tekstur mie yamien kenyal, lebih lembut dan agak kering ketika dimakan. Bila ingin mie basah, ENDEUSiast bisa menuangkan semua kuah ke dalam mangkuk mie yamien.

3/ Rasa

Sama-sama dari olahan mie tetapi untuk rasa keduanya memiliki perbedaan. Kuah yang digunakan pada mie ayam biasanya menggunakan kaldu ayam atau air rebusan sawi sehingga rasanya tawar. Untuk memberikan rasa manis dan gurih maka dilengkapi dengan potongan ayam yang telah diberi bumbu semur atau kecap, irisan daun bawang, rebusan sawi hijau dan pangsit.

Jika ENDEUSiast mau, ENDEUSiast juga bisa menambahkan bakso, ceker atau toping lainnya sesuai selera. Untuk mie yamien biasa menggunakan bumbu Chinese food sehingga rasanya cenderung asin dan juga bumbu utamanya kecap manis. Maka tidak heran bila rasanya sangat manis.

Sekarang ENDEUSiast sudah tahu kan perbedaannya? Jadi sudah tidak bingung lagi ya ketika harus memilih mie ayam atau mie yamien. ENDEUSiast bisa menentukan sesuai dengan selera.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.