Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bakmi yang selama ini sering kita makan aslinya berasal dari Cina. Namun, kini muncul beragam bakmi salah satunya adalah bakmi jawa. Apa perbedaannya?

Masuknya bakmi ke Indonesia adalah karena pada jaman dahulu banyak pedagang dari Tiongkok yang datang ke Indonesia. Bakmi biasanya tersaji dalam aneka perayaan tertentu seperti hari ulang tahun atau tahun baru.

Di Indonesia sendiri, bakmi banyak dijual oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak. Salah satu bakmi yang cukup terkenal adalah bakmi Jawa. Meskipun keduanya sama-sama bakmi, tetapi ada perbedaan mendasar antara bakmi Jawa dan bakmi Cina. Apa saja perbedaannya? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Tekstur dan Isi Bakmi

Ciri dari bakmi cina adalah teksturnya yang lebih tebal dan lebih kenyal bila dibanding dengan bakmi jawa. Sama seperti bakmi jawa, pada bakmi cina juga terdapat varian rebusnya dan menggunakan isian tauge, sawi hijau, jamur cincang dan tidak lupa daging babi karena mayoritas masyarakat cina sangat suka mengkonsumsi daging babi. Berbeda dengan bakmi jawa, penggunaan daging babi telah digantikan menjadi daging ayam.

2/ Bumbu Bakmi

Bumbu yang dipergunakan untuk membuat bakmi cina rebus adalah minyak ikan, saus tiram, kecap manis dan kecap asin, sedangkan untuk bakmi cina goreng bumbunya masih tetap sama hanya saja ada penambahan irisan sayuran kubis.

Terkadang juga ditambahkan bahan pelengkap lainnya seperti seafood dan bakso untuk menambah citra rasa kelezatan dari bakmi cina tersebut. ENDEUSiast yang tinggal di daerah Jabodetabek pasti sering melihat jenis bakmi diatas, itu artinya yang dijual adalah bakmi cina.

Bagi ENDEUSiast yang tidak suka makan daging babi harus lebih teliti sebelum membeli bakmi cina, ada baiknya bertanya terlebih dahulu isian daging yang digunakan pada bakmi tersebut.

Beralih ke bakmi jawa, hidangan yang satu ini bisa ENDEUSiast temukan dengan mudah di daerah Jawa khususnya Yogyakarta. Bakmi jawa memiliki tekstur yang sangat berbeda dari bakmi cina, lebih tipis dan kecil serta lebih empuk karena pada proses pemasakannya benar-benar dimasak hingga empuk. Tidak hanya dari segi tekstur saja yang berbeda, pada tampilan bakmi jawa juga sangat berbeda. Hal ini karena penggunaan bahan dan bumbunya berbeda.

Pada bakmi jawa rebus, daun seledri dan daun bawang ikut dicampurkan kedalam masakan sehingga akan menghasilkan aroma wangi. Untuk bakmi goreng, bumbu utama yang digunakan adalah kecap. Maka tidak heran bila bakmi jawa lebih manis dibandingkan dengan bakmi cina.

Itulah beberapa perbedaan mendasar antara bakmi jawa dan bakmi cina. Untuk melihat resep lainnya berbahan dasar mie bisa melihat di sini . Manakah yang menjadi favoritmu? Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.