Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu BBQ hampir digunakan di setiap negara untuk melengkapi cita rasa pada masakan daging maupun sayuran

Bahan olahan daging atau lainnya yang dipanggang akan menghasilkan rasa lemak lalu dikombinasikan dengan bumbu BBQ yang memiliki rasa pedas, asam, manis yang khas. Hampir setiap negara pasti ada menu yang menggunakan bumbu BBQ dan tentunya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Pada BBQ ala Amerika Serikat, bumbu BBQ dibuat dari bahan saus dengan dasar cuka buah, misalnya apel. Untuk daging yang dipanggang pun mereka lebih memilih ukuran besar sehingga mudah ketika dipanggang dan tidak mudah hancur. Di Amerika Serikat bagian Selatan dan Utara juga memiliki perbedaan dalam mengolah bumbu BBQ. Contohnya di North Carolina, saus BBQ terbuat dari bahan cuka, bubuk cabai, dan gula sehingga memiliki rasa pedas yang kuat serta aroma asam yang cukup menyengat di hidung. Saus BBQ yang digunakan untuk daging panggang pun hanya dioleskan tipis saja karena memang rasa dan aromanya sudah kuat.

Berbeda lagi di South Carolina, di sana rasa bumbu BBQ nya cenderung manis dan pedas dengan aromanya yang tajam. Bahan yang digunakan diantaranya seperti bubuk cabai, gula merah, campuran mustard dan cuka apel. Penggunaan cuka apel inilah yang membuat saus BBQ khas South Carolina memiliki aroma khasnya yang tajam.

Lain halnya dengan Amerika Serikat, Korea Selatan punya bumbu BBQ khas dan berbeda dari negeri Paman Sam. Umumnya dari bumbu BBQ ala Korea Selatan adalah rasanya yang cenderung seimbang antara manis, gurih dan pedas.

Untuk bahan olahan dagingnya dipilih yang ukurannya kecil dan sebelumnya dimarinasi terlebih dahulu agar bumbunya semakin meresap ke dalam daging. Barulah setelah itu dipanggang hingga matang sembari diolesi dengan bumbu BBQ khasnya.

Bumbu BBQ khas korea terdiri dari jahe, bawang merah, bawang putih dan kecap. Jadi model makannya adalah dengan mencelupkan potongan daging ke dalam bumbu tersebut. Salah satu sajian daging khas Korea yang terkenal adalah bulgogi. Daging tersebut akan disajikan bersama dengan kimchi, kubis maupun sayuran lainnya.

Selain itu Tiongkok memiliki ciri khas tersendiri pada bumbu BBQnya. Bumbu tersebut terdiri dari kedelai, madu, hoisin, mirin dan campuran bumbu khas Tiongkok. Daging yang sudah diberi bumbu BBQ khas Tiongkok ini akan memiliki rasa manis dan gurih.

Sekarang ENDEUSiast sudah paham kan aneka ciri khas bumbu BBQ yang ada di setiap negara baik yang di Amerika maupun Asia. Semoga bermanfaat ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.