Pentingkah Makan Pencuci Mulut setelah Makan Besar?
Pentingkah Makan Pencuci Mulut setelah Makan Besar?

Makan makanan pencuci mulut setelah makanan utama merupakan budaya barat. Apakah kita sebagai orang Indonesia perlu melakukannya?

Makanan pencuci mulut adalah makanan yang dimakan setelah hidangan utama selesai disantap. Makanan yang biasa dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut yaitu buah, es krim, roti dan sebagainya. Makan makanan pencuci mulut sebenarnya budaya barat.

Mungkin tanpa kita sadari setiap hari kita melakukan budaya tersebut. Setelah makan makanan utama biasanya perut kita sudah kenyang lalu apakah masih perlu menyantap hidangan pencuci mulut?

Ada pepatah mengatakan ketika kita sudah kenyang maka di dalam perut tetap masih ada ruang untuk menyantap makanan pencuci mulut. Apakah pepatah tersebut benar dan baik untuk dilakukan? Berikut ini merupakan penjelasan apakah kita perlu memakan makanan pencuci mulut setelah kita makan makanan utama.

Tujuan utama menyantap makanan penutup berbeda-beda tergantung jenis makanannya. Namun secara umum, fungsi makanan pencuci mulut yaitu untuk memberikan kesegaran pada mulut setelah menyantap makanan berat. Dessert juga dapat memberikan rasa senang karena sebagian besar makanan pencuci mulut memiliki rasa yang manis dan bentuk yang menawan.

Makanan pencuci mulut yang paling tepat adalah buah. Buah dapat memberikan kesegaran dan mengandung banyak vitamin yang berguna bagi tubuh. Pada umumnya, buah mengandung vitamin, mineral, kalium, asam folat, serat dan antioksidan anti kanker yang baik.

Jika ENDEUSiast rutin mengkonsumsi buah maka dapat menghindarkan ENDEUSiast terkena penyakit kronis. Akan tetapi pengolahan buah untuk dijadikan makanan pencuci mulut pun perlu diperhatikan. Jika buah dijadikan salad maka sebaiknya ENDEUSiast melakukan dressing salad yang tepat dan sehat . ENDEUSiast bisa memilih bahan-bahan dressing yang rendah lemak dan gula. Buah sudah memiliki kandungan air yang memiliki rasa manis sehingga bahan dressing tidak perlu tinggi gula.

Sebaiknya ENDEUSiast menghindari makanan pencuci mulut yang kaya akan gula dan lemak. Sebagian besar orang memilih makanan pencuci mulut berupa cake cokelat, pastry , biskuit, atau es krim karena memiliki rasa yang manis dan bentuknya menarik.

Akan tetapi makanan-makanan tersebut justru memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan. Makanan tersebut memang enak dan dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik, akan tetapi jika terus dilakukan sama saja menimbun lemak dan gula pada tubuh. Jika tubuh memiliki gula dan lemak yang berlebih dapat menyebabkan masalah seperti obesitas, stroke, diabetes dan sebagainya.

Memakan makanan pencuci mulut bukanlah suatu kewajiban atau hal yang tidak boleh dilakukan. Jika ENDEUSiast merasa sudah kenyang maka tidak perlu dipaksa untuk makan makanan pencuci mulut. Waktu yang tepat untuk makan makanan pencuci mulut adalah satu sampai dua jam setelah makan makanan berat. Meskipun ENDEUSiast menyantap buah maka tetap harus dijeda karena buah tetap mengandung gula dan kalori.

Endeustorial

Ikuti Instagram